Wisata Kuliner Tradisional Bali

Tak bisa dipungkiri bahwa kuliner selalu jadi salah satu daya tarik setiap daerah yang dikunjungi. Rasanya ada yang kurang jika bepergian tanpa cicip kuliner asli daerah tersebut. Dengan menyantap kuliner tradisional, secara tidak langsung wisatawan ikut membantu mempertahankan budaya dan keaslian gaya hidup penduduk lokal dari daerah yang dikunjungi.

Berulang kali mengunjungi Pulau Dewata, di pikiran saya hanya terbayang sajian Nasi Campur ( babi ) atau Bebek Bengil yang populer di Ubud, tanpa menyadari ada banyak kuliner menarik lain di Bali.ย Berkat jasa seorang temanย yang tahu banyak tentang kuliner di Bali, saya berkesempatan mencicipi beberapa sajian unik khas Bali. Berikut ulasan beberapa kuliner khas Bali yang sempat saya cicipi beberapa waktu lalu di Bali.

Let’s begin ๐Ÿ˜‰


Nasi Ayam Bu OKI
Nasi Ayam Bu Oki
Warung Bu Oki
Warung Bu Oki

Pedasss, itu kesan pertama saat mencicipi Nasi Ayam Bu Oki yang terletak di Jalan Uluwatu Jimbaran.ย Nasi Ayam Bu Oki sepintas terlihat seperti nasi campur khas Bali versi halal yang dilengkapi dengan suwiran daging ayam, lawar, urap ( rebusan sayur mayur dengan parutan kelapa ), irisan telur pindang, sate lilit serta taburan kacang goreng. Tenang, tidak ada campuran daging babi seperti Nasi Campur Bali pada umumnya.

Kelezatan nasi ayam ini terdapat pada perpaduan rasa dari racikan rempah khas Bali di setiap lauknya serta sambal matah yang banyak diminati oleh pengunjung dari luar kota. Sedikit sambal matah bercampur dengan kuah pedas potongan ayam betutu sudah membuat saya megap-megap hingga harus meneguk cepat Es Teh di atas meja. Tidak terbayang pengunjung yang memesan hidangan dengan siraman sambal matah lebih banyak.

Tanpa pendingin ruangan tidak menghalangi pengunjung datang silih berganti. Menjelang sore justru terlihat wisatawan lokal maupun mancanegara sampai pegawai kantoran memadati warung sederhana di jalan masuk Perumahan Puri Jimbaran tersebut. (ย Harga mulai dari 15.000 rupiah. )


Jukut Undis Buleleng
Jukut Undis – khas Buleleng
pendamping Jukut Undis
pendamping Jukut Undis

Jukut Undis terdengar asing di telinga saya, sampai akhirnya seorang teman yang tinggal di Bali – Debby mengenalkan kuliner khas Buleleng yang terletak di Jalan Hang Tuah – Sanur. Jukut Undisย adalah sup kaldu daging ( biasanya dari kaldu ayam ) yang disajikan dengan kacang hitam yang telah direbus terlebih dahulu. Campuran lengkuas, bawang merah dan bawang putih mendominasi rasa dari sup sehingga sup terasa hangat di dalam perut.

Sebagai pelengkap Jukut Undis di Sanur, tersedia aneka ragam lauk yang bisa dipilih sesuai selera. Mulai dari sayuran, udang goreng, suwiran ayam bumbu bali, usus goreng, abon, urap, sampai sambal bongkot ( sambal yang ditambahi bongkot/ bunga kecombrang ). Spanduk warung dengan gambar pak Bondan Winarno bersanding dengan pemilik warung Jukut Undis yang berdiri sejak 2010 membuat makanan tradisional ini tidak diragukan lagi maknyusnya. (ย Harga mulai dari 15.000 rupiah. )
________

Sup Ikan Mak Beng, Sanur
Sup Ikan Mak Beng
Warung Mak Beng Sanur
Warung Mak Beng Sanur

Letak yang berdekatan dengan Pantai Sanur membuat Warung Mak Beng selalu dipadati penikmat kuliner khas Bali. Warung yang berdiri sejak tahun 1941 tersebut menyajikan potongan kepala ikan jangki/ cakalang dengan kuah sedikit pedas yang mirip rasa dengan kuah garang asem di Pulau Jawa. Irisan besar mentimun yang dimasukkan ke dalam kuah membuat sup ikan semakin segar di mulut.

Tambahan potongan daging ikan bakar dengan sambal terasi yang disajikan di piring terpisah terasa mengenyangkan perut jika dimakan seorang diri. Ada baiknya memesan satu porsi untuk berdua supaya hidangan yang disajikan tidak terbuang sia-sia. Perlu diketahui bahwa Warung Mak Beng yang terletak di Jalan Hang Tuah no 45 tersebut belum membuka cabang dimanapun. Jadi luangkan waktu dan kesabaran untuk mengantre saat mampir di warungnya pada jam makan siang. Harga per porsi Sup Ikan Mak Beng mulai dari 34.000 rupiah. ( update Sept 2013 )
________

Sate Plecing Sapi, Denpasar
Sate Plecing Sapi
Sate Plecing Manis ( daging babi )
Sate Plecing Manis
( daging babi )

Plecing pada dasarnya merupakan racikan cabai merah, cabai rawit yang diulek kasar ditambah kemiri dan bawang putih serta terasi yang disiram minyak kemudian diberi perasan jeruk limau. Apa jadinya jika plecing dipadukan dengan irisan daging sapi? Rasa pedas menutup rasa amis dari daging sapi yang dibakar menggunakan arang tersebut.

Bagi saya yang tidak terlalu suka pedas hanya bisa berusaha menyingkirkan biji cabai yang membuat mulut terbakar. Sate Plecing Arjuna juga terkenal dengan sajian sate plecing manis yang menggunakan bahan dasar daging babi. Berbeda dengan saus sate plecing sapi, sate plecing manis hanya diberi saus kecap kental yang membuat rasa daging babi semakin manis dan lezat.
Alamat : Jl Arjuna no 49 – Denpasar. Harga mulai dari 20.000 rupiah.


Note : Selain nasi campur dan bebek ternyata Pulau Bali punya kuliner halal dan kuliner tradisional yang beragam kan? Masih ada banyak kuliner asli Indonesia yang kaya rasa dan lezat di luar sana, jadi jangan membatasi diri untuk berwisata kuliner dimanapun tempat liburanmu, kawan.ย Selamat berwisata kuliner di Bali. ๐Ÿ˜€

Advertisements

34 Comments Add yours

  1. Avant Garde says:

    rupanya jangki nama ikan juga yah… ๐Ÿ˜€

    Like

    1. Halim Santoso says:

      Nama lain dari ikan kakap merah ( red snapper ) ๐Ÿ™‚

      Like

  2. Salah nyasar baca artikel ini di jam-jam seperti ini. Jadi lapeeeerrrr.
    hahahahaha

    Like

    1. Halim Santoso says:

      Hahaha… Mari makan ๐Ÿ˜€

      Like

  3. DebbZie says:

    ayo ke Bali lagi, Lim. Masih banyak makanan unik yang bisa diexplore ๐Ÿ˜€

    Like

    1. Halim Santoso says:

      Temeni aku lagi ya Deb. Mo berburu sate lilit, sate kakul, nasi campur yang asli uenakk tapi murah dll hehehe…
      Waitin’ me in Bali, Deb ๐Ÿ˜‰

      Like

  4. Goiq says:

    ternyata masih banyak kuliner bali yangbelum saya jajal… mari ke Bali lagi.. lagi.. dan lagi…

    Like

    1. Halim Santoso says:

      Bali nggak ada habisnya ๐Ÿ™‚

      Like

  5. mawi wijna says:

    Kalau ke Bali saya lebih memilih menyantap ikan, hahaha, karena mungkin saya yang kurang tahu di mana letak kuliner-kuliner khas Bali yang halal, hehehe

    Like

    1. Halim Santoso says:

      Kuliner di atas semuanya halal, kecuali sate plecing manis di Arjuna.
      Monggo disambangi satu-satu kalo berlibur ke Bali lagi ๐Ÿ™‚

      Like

  6. kangen bali dan kulinernya…humm

    Like

    1. Halim Santoso says:

      Samaa… aku juga kangen Bali ๐Ÿ˜

      Like

  7. waduh bikin air liur netes…. baru cobain sekali masakan bali

    Like

    1. Halim Santoso says:

      Kalo liburan ke Bali wajib icip satu-satu bro hehe

      Like

  8. Alid Abdul says:

    Gleeeeeeek pagi pagi baca ginian bikin ngilerrr haduhhh…. Waktu ke Bali dulu ngincer warungnya Mak Beng yg di Sanur itu, datang subuh untuk lihat sunrise dan niatnya mau sarapan di situ lha kok jam 7 belum buka, ternyata bukanya jam 10an deh klo gak salah. Berhubung dikejar waktu jadi nggak jadi deh makan di situ hiks. Lucunya 3 hari di Bali saya tidak sempat satu kalipun mencicipi kuliner Bali. makannya ya cari nasi goreng dll hahaha

    Like

    1. Halim Santoso says:

      Mak Beng laris banget tapi nggak mau buka cabang, pas jam makan siang juga kudu antre bbrp menit baru bisa duduk manis hehe.
      Next time Mak Beng dimasukin daftar jalan dulu biar nggak kelewatan lagi ๐Ÿ™‚

      Like

  9. hmmm….malam” BW ke sini ada makanan, beeeeuhhh laper ! -,-

    Like

    1. Halim Santoso says:

      ๐Ÿ˜€

      Like

  10. eman salawe says:

    Reblogged this on eman salawe.

    Like

  11. Fahmi Anhar says:

    ahh jadi kangen makan sup ikan mak mbeng abis jogging pagi2 di sanur

    Like

    1. Halim Santoso says:

      Setelah jogging makan sup ikan Mak Beng, perut kurus setelah jogging jadi buncit lagi donk hehe
      Mi… ayo ndang dibikin tombol “follow” ama “like” di rumah barumu ๐Ÿ™‚

      Like

  12. winnymarch says:

    wah dirimu ikut jg ya

    Like

    1. Halim Santoso says:

      Uji keberuntungan Win ๐Ÿ™‚

      Like

    2. winnymarch says:

      semoga menang ya

      Like

  13. Wah, nyam nyam banget

    Like

  14. pyonkpyonk says:

    ijin share… ๐Ÿ˜€

    Like

    1. Halim Santoso says:

      Monggo… ๐Ÿ™‚

      Like

  15. nice post bro,
    untuk wisata kuliner di sumatera barat dapatkan paket perjalanannya di sini

    Like

  16. Bama says:

    Baca ini lagi ngiler lagi. Sebagai pecinta masakan pedes kayaknya Nasi Ayam Bu Oki wajib dicoba tuh pas saya ke Bali lagi nanti.

    Like

    1. Halim Santoso says:

      Sebenarnya ada lagi yang terkenal namanya Nasi Pedas Bu Andika di daerah Tuban, tapi kalo boleh jujur lebih maknyus yang Bu Oki. Jadi silakan buktikan sendiri dan siap-siap kepedasan di Nasi Ayam Bu Oki ๐Ÿ˜€

      Like

  17. Lidya says:

    Sebenernya masih banyak lagi kuliner bali yg harus dicobain:
    1. Jukut ares (terbuat dr pelepah pisang)
    2. Tum
    3. Sate ikan tuna di daerah karangasem
    4. Siobak
    5. Tipat cantok
    6. Nasi lawar (babi/sapi)
    7. Sate susu
    8. Nasi jinggo (yg enak itu ada di jl.diponegoro jualannya malem doang
    9. Babi guling
    10. Rujak kuah pindang (must try!)
    11.Srombotan khas klungkung (mirip plecing tp ini ditambahin kelapa urap/serundeng)

    Saya dulu pernah tinggal di bali jd cukup familiar dgn makanan2 yg tsb. Selamat mencoba ๐Ÿ™‚

    Like

    1. Halim Santoso says:

      Menarik…. Makasih infonya yang super lengkap. Udah dicatat dan akan hunting dan dicoba semua kalo ke Bali lagi ๐Ÿ˜€

      Like

  18. Hanifa says:

    kayaknya enak2 makanannya, tapi harus hati2 banget yah biar ga salah makan… soalnya banyak yang ga halal huhu

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s