Beautiful Beaches vs Big Buddha – Phuket

Patong Beach menjadi objek wisata favorit para wisatawan asing yang berkunjung di Phuket yang sepintas terlihat seperti Pantai Kuta di Pulau Bali. Sejauh mata memandang nggak banyak terlihat turis Asia, lebih banyak terlihat turis dari negara Eropa, Amerika dan negara barat lainnya . Banyak kios persewaan sepeda motor atau mobil tersebar di sudut jalan, sehingga hari kedua di Phuket kami berempat memilih menyewa sepeda motor untuk menjelajahi pantai-pantai yang ada di sana. Sepeda motor yang kami sewa seharga 200 Bath/hari ( sharing berdua ) langsung melaju ke Pantai Kata, Big Buddha dan Pantai Karon. Tidak perlu SIM internasional untuk mengendarai sepeda motor di Phuket, saya hanya menyerahkan paspor sebagai jaminan saja. Petunjuk jalan menuju pantai yang satu ke lainnya juga cukup jelas sehingga mudah ditemukan.

Kata Beach pantai yang penuh pemandangan wow dari pelancong tuwir yang hilir mudik memakai pakaian renang, yah sepintas mirip dengan Nusa Dua Bali. Banyak terlihat hotel berbintang wow juga di sepanjang jalan menuju Kata. Ombak di pantai ini terbilang cukup besar namun aman buat berenang kecil di sana. Terjangan ombak pantai Kata yang menerpa badan membuat rasa capek di badan sedikit hilang, ketimbang membayar tukang pijat yang ada di sepanjang Patong mending pijat gratis di sini,hehe… Air laut yang bersih, pasir putih, terik matahari…ahh…lengkap sudah liburan di pantai exotic Thailand. 🙂
Sinar matahari siang itu berhasil membuat kulit saya sedikit gosong dan berhasilah misi saya untuk tanning gratis di Phuket. Huray! 

Kata Beach
Kata Beach
ombak Kata Beach yang asyik diterjang
ombak Kata Beach yang asyik diterjang

Tujuan berikutnya kami mencoba mencari bukit yang menurut gambar-gambar di mbah Google bisa melihat sebuah tanjung Phuket dari atas, tapi kurang observasi jauh hari dan belum punya sistem GPS mumpuni di hape membuat kami nyasar ke Mount Nakkerd. Tidak menemukan view yang saya harapkan…sebagai gantinya kami malah menemukan spot wisata yang terbilang masih baru di Phuket, yaitu Big Buddha yang tengah dibangun di Mount Nakkerd. Meski terlihat samar, dari atas bukit ini juga terlihat kota Phuket berlatar belakang laut Andaman.

Phraphuttha Mingmongkol Eaknakakeeree Huge Buddha Statue of Muang Phuket adalah nama panjang dari Big Buddha yang didirikan sejak April 2002 di puncak Mount Nakkerd. Saat saya mengunjunginya tahun 2011, komplek Big Buddha tersebut belum rampung dibangun, masih banyak bangunan kuil yang sedang dalam tahap pembangunan dan patung Big Buddha-nya sendiri masih dalam tahap pemasangan keramik putih untuk bentuk bunga teratai tempat bersimpuh sang Buddha. Dibutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk membangun patung setinggi 45 meter tersebut, sehingga proses pembangunan terbilang cukup lama. Meski tidak diberlakukan tiket masuk di tempat ini, para pengunjung bisa ikut berkontribusi dalam proses pembangunan patung Big Buddha dengan cara membeli sepotong keramik putih yang dijual seharga 300 Bath/potong yang kelak akan ditempel di Big Buddha. Potongan tersebut bisa ditulis nama, kata mutiara atau kalimat dalam bahasa alien juga boleh asalkan muat di kotak 10×10 cm tersebut. 😉

Karon Beach hampir sama dengan Kata yang punya pasir putih dan lembut, namun ombaknya lebih besar sehingga tidak memungkinkan untuk berenang di sini. Pantai Kata dan Karon banyak ditinggali oleh wisawatan tuwir yang menghendaki liburan yang jauh dari kebisingan nan tenang di pantai-pantai Phuket. Transportasi umum terlihat jarang di kedua area tersebut, lain halnya dengan Patong yang mempunyai banyak mini bus yang wira-wiri dari satu tempat ke tempat lain, Patong juga memiliki lebih banyak pilihan guesthouse murah, dan tentunya punya banyak bar dan cafe Lady Boys di Bangla Road yang tersohor itu #senyumbencong.

Karon Beach
Karon Beach
Karon Beach yang lumayan sepi
Karon Beach yang lumayan sepi

to be continued…

Advertisements

One Comment Add yours

  1. Pantai indah penuh dengan panorama eksotis alam dalam duburan pantai di atas pasir putih yang bersih.

    Sukses selalu
    Salam Wisata

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s