Bermain Tsunami di Jogja Bay

Semenjak maraknya foto di tebing-tebing rawan kecelakaan, rasa-rasanya banyak penggiat media sosial yang berlomba pamer gambar keindahan yang seolah tak ada batasnya di Indonesia. Kebun bunga warna-warni pun bisa diramaikan secara instant. Sungguh terlalu banyak tempat di negeri kita yang bisa diindahkan melalui mata kamera. Tak perlu banyak kata, foto sudah mengaburkan kepekaan manusia terhadap sesamanya.

Entah salah siapa, yang jelas ada pihak yang dirugikan dan pihak yang diuntungkan karena namanya mendadak jadi hits di dunia maya. Sama seperti saat saya membaca berita media online dengan judul “Waterpark terluas di Indonesia hadir di Jogya!” untuk menggambarkan kondisi sebuah waterpark baru yang terletak di Maguwoharjo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jogja Bay Store dengan bangunan ala kapal perompak
Jogja Bay Store dengan bangunan ala kapal perompak

Taman bermain air dengan bermacam-macam wahana yang diberi nama Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark tersebut baru beroperasi sejak 20 Desember 2015 lalu. Tidak perlu menunggu waktu lama untuk membuatnya hits dalam waktu singkat. Saat saya dan beberapa kawan berlibur ke sana tanggal 22 Desember 2015, waterpark ini sudah diramaikan oleh ratusan pengunjung. Kalau boleh dibilang malah terlalu ramai untuk sebuah taman bermain air yang belum selengkap dan secanggih yang sudah digembar-gemborkan.

Letaknya bersebelahan dengan Stadion Maguwoharjo yang beralamatkan di Jl Kepuh, Depok, Sleman. Saat ini belum ada transportasi umum seperti Trans Jogja yang membuka rute ke arah sana. Pengunjung yang tidak membawa kendaraan pribadi harus menggunakan jasa taksi atau Go-Jek atau ojek online lainnya untuk menuju Jogja Bay. Untuk yang membawa mobil atau sepeda motor sendiri, Jogja Bay menyediakan fasilitas shuttle antar jemput dari tempat parkir menuju ke pintu masuk, begitu pula sebaliknya. Maklum jarak keduanya lumayan jauh.

bendera ala bajak laut di Ziggy Giant Barrel
bendera ala bajak laut di Ziggy Giant Barrel
loker di Jogja Bay
loker dengan kode di Jogja Bay

Setelah membayar tiket masuk sebesar 90.000 per orang untuk dewasa ( anak-anak 60.000, bayi di bawah 2 tahun GRATIS ), kami mendapat fasilitas free loker dan handuk. Masih minggu promo katanya. Saat masuk ke dalam, saya sadar bahwa sebenarnya terlalu cepat datang ke sana. Belum semua wahana bisa dimainkan oleh pengunjung Jogja Bay, masih ada beberapa perosotan yang belum lulus uji tingkat keamanan.

Keunikan di waterpark ini adalah penamaan wahana yang juga merupakan nama dari tokoh-tokoh yang sengaja diciptakan. Bahkan ada semacam parade yang menghadirkan tokoh itu di waktu tertentu untuk menghibur pengunjung Jogja Bay.

Waterpark dengan lahan seluas 7,7 hektar ini baru mengenalkan wahana Timo Rider, perosotan berwarna ungu terpanjang saat ini di mana pengunjung harus menggunakan ban gandeng, berdua sama pasangan. Kalau tanpa pasangan, pasrah ajalah pake ban single #akurapopo. Di sampingnya ada Jolie Raft wahana peluncuran yang tidak menggunakan ban, artinya saat badan sudah telentang dan didorong oleh mas penjaga, siap-siap meluncur di tengah kegelapan dengan belokan-belokan lumayan tajam dan teriaklah sekuat-kuatnya. Hehehe.

Sebenarnya masih ada dua wahana lagi dari bangunan yang sama, Volcano Coaster dengan pipa besar berwarna merah dan Bekti Adventure yang berwarna hijau. Sayangnya saat itu wahana yang nama-namanya dibuatkan tokoh karikatur, belum siap untuk dinaiki. Memo Racer yang memiliki enam buah perosotan juga belum siap dicoba. Tak apalah mungkin lain waktu bisa mengulangnya di Jogja Bay.

Jogja Bay punya permainan yang bisa dimainkan oleh segala umur. Bagi pengunjung yang sudah terjangkit faktor U dan malas uji adrenalin, ada pilihan Kula Playpool, kolam renang dengan kedalaman tidak sampai dua meter. Lalu ada Ziggy Giant Barrel yang punya drum besar yang siap menumpahkan airnya dan memiliki beberapa tipe perosotan yang aman untuk orang tua dan anak kecil. Ziggy Giant Barrel salah satu favorit saya, juga Hip Playground yang punya semprotan semacam shower untuk terapi punggung pegal. Ya ya faktor U memang nggak bisa boong. 😛

Jogja Bay yang buka mulai pukul 09.00 hinga 18.00 ini sudah menjadi salah satu pilihan obyek wisata air saat berlibur ke Yogyakarta. Wisatawan nggak perlu jauh-jauh ke pantai selatan hanya untuk sekedar kecibang-kecibung di air. Penggiat media sosial nggak perlu pamer foto ala ala dengan mengorbankan bunga warna-warni lagi. Cukup binyong dengan latar perosotan Jogja Bay mungkin bisa mendapat banyak LIKE dan komentar, betul? #ehh.

Puncak keseruan dari Jogja Bay tentu saja tsunami di South Beach yang digembor-gemborkan oleh beberapa media. Wahana ini mulai dimainkan pada pukul sebelas siang, setelah itu berkala setiap satu jam sekali hingga Jogja Bay tutup. Saat berada di tengah kolam terasa seperti diayun-ayun oleh air. Kekuatan ayunannya sebatas ombak pantai biasa bukan tsunami besar seperti yang diiklankan. Saking padatnya pengunjung, ban yang digunakan sering terbentur satu sama lain. Ada baiknya jangan ke sana ketika weekend supaya bisa menikmati semua permainan yang ada tanpa antre panjang yang menghabiskan waktu.

Jogja Bay_Ziggy Giant Barrel
Ziggy Giant Barrel

Ombak buatan di kolam yang tidak terlalu dalam ini langsung mengingatkan saya pada Water World Pandawa di Solo Baru, Sukoharjo, Jawa Tengah. Memang wahana semacam ini sudah banyak dimiliki waterpark di beberapa kota di Indonesia. Sekali lagi siapa lebih pintar memasarkannya lewat dunia maya dialah pemenangnya. Gembar-gembor efek media sosial yang begitulah.

Update Juli 2016 –> Kabar gembira! Jogja Bay sudah mengaktifkan beberapa wahana permainan airnya yang semula saya lihat masih dalam uji coba di awal pembukaan. Yayy, jadi semua permainan di Jogja Bay sudah aktif semua, jadi nggak rugi bayar tiket masuk yang lumayan mahal itu. Kini pengunjung Jogja Bay bisa menggunakan ban khusus yang harus dinaiki oleh tiga orang untuk menjajal Volcano Coaster. Lalu ada Bekti Adventure yang bisa dinaiki tiga sampai empat orang menggunakan ban raksasa dengan posisi duduk melingkar.

Tak ketinggalan Brando Boomeranggo yang bikin adrenalin memuncak. Gimana enggak sport jantung ketika ban yang kita naiki itu loncat kecil di tengah lorong kemudian diakhir dengan turunan tajam mirip rollercoaster. ARGGG … Dan dijatuhkan melewati papan yang menukik ke atas baru diturunkan ke bawah. Bener-bener merasakan seperti apa lemparan sebuah bumerang. Terakhir ada Memo Racer yang terdiri dari delapan perosotan warna-warni pelangi yang cara memainkannya menggunakan alat luncur semacam matras dinaiki satu orang. Seru semua, kan?

Jangan lupa bahagia kata orang yang mendadak bijak. Bhay!

Happy holiday! 😉

Advertisements

75 Comments Add yours

  1. 90 ribu dapet loker sama handuk? Nggak mahal lah ya mas hehehe. Sering banget ini muncul dimana-mana sebelum peluncurannya…

    Like

    1. Minggu pertama ada promo gratis loker dan handuk. Setelah promo selesai, loker kudu sewa dan bayar 30ribu perjam kalau nggak salah ingat. 🙂

      Like

  2. Alid Abdul says:

    trus trus fotonya situ lagi main prosotan mana?

    Like

    1. Nggak etis pasang foto gantengku di sini, Lid. Nko ndak disalah gunakan yen foto toplesku nyebar huahaha.

      Like

  3. neng ayu says:

    gede juga ya mas tempatnya? boleh nih kapan2 mampir, btw itu ramee bgt kaya cendol hihi

    Like

    1. Baru bulan pertama buka jadi rame kaya cendhol di kolamnya hahaha. Usahakan datang pagi jam 9, begitu loket buka beli tiket langsung masuk biar nggak rame 😀

      Like

  4. Dita says:

    sayang wahananya belum bisa dicobain semua yaaa, kayaknya banyak dan seru tuh

    Like

    1. Kalo cuma demi main air aja, mending ke Waterbom di PIK yang deket dari tempat kak Dita. Setelah nyasar hore dari Jogja Bay, entah kenapa malah kepingin ngerasain Waterbom Bali yang katanya lebih seru itu hahaha.

      Like

    2. Dita says:

      ahahaha iya sihh, aku sampe skr belom ke PIK….larang cyiiin 250rb masaaaak huhuhu. Kalo waterboom Bali aku juga dari dulu puengeeen T_T

      Like

    3. Waks mahal juga yah Waterbom PIK. Pantes turis dari kota besar girang banget denger Jogja Bay buka tiket harga 90ribu hahaha

      Like

    4. adi says:

      Waterboom bali juga sama 250an bahkan denger2 uda mau naik harga nya

      Like

    5. Berarti para turis bisa lari semua ke kota yang punya waterpark lebih murah nih 🙂

      Like

  5. Iqbal Rois says:

    Ramenya.. :O :O

    Penyakit waterpark indonesia: pas baru buka, ada seluncuran yg blm bs dipake. Di batam juga gitu. Huvt.

    Like

    1. Hooh makin siang tambah ruame banget, mas. Waterpark di Batam namanya apa? Jogja memang sesuatu banget. Selalu sigap dengan semua hal yang lagi dibicarain dunia maya. 🙂

      Like

  6. yahh.. trus gimana cerita tsunaminya? serunya kayak apa?

    Like

    1. Maya sudah pernah ke Pandawa yang di Solo Baru? Kalo belum, buruan ke sana, sensasinya “tsunami” Jogja Bay ama ombaknya Pandawa sama aja kok haha

      Like

  7. Moersalin says:

    Ada ya tsunami di jogja..

    Like

    1. Ombak jadi-jadiannya Jogja Bay diistilahkan tsunami, padahal ya cuma sebatas ombak pantai aja 🙂

      Liked by 1 person

  8. Kayaknya ok ya mas tempatnya secara masih baru banget dan ngehits di sosmed.
    kapan2 lah kalo ke jogja lagi mampir 😀

    Liked by 1 person

    1. Masih baru dan kebersihannya masih terus dipantau hehe. Kalo sudah puas keliling candi dan keraton serta pantai-pantai di Yogya asyik banget bisa lanjutin ke Jogja Bay 🙂

      Liked by 1 person

    2. Yuppss bener banget enaknya habis panas-panasan gerah langsung nyebur.
      semoga tetep seperti itu enggak ada kerusakan akibat para “alayers” seperti berita berita sebelumnya 😀

      Liked by 1 person

  9. Anis Hidayah says:

    Wuih ada permainan baru tow di Jogja. Tapi nunggu semua beroperasi dulu kak. Ntar belum ada uji kelayakan, bisa – bisa malah buat percobaan,,, hehehe

    Like

    1. Dipikir-pikir datang di awal minggu pembukaan juga semacam percobaan ya hahaha. Beberapa sudah aman dinaiki kok. Kalau nunggu wahananya komplit brarti siap-siap antre mengular dari pagi sampe sore nih 😀

      Like

  10. aku malah durung mrene wekekeke. melihat harga 90rb di awal rasanya cukup berat bagi mahasiswa kek aku koh 😦
    tapi ternyata dapet fasilitas handuk toh, mayan juga. 90rb itu udah all in kan ya? mau nyobain semua wahana juga bisa kan? tapi kayaknya itu cuma berlaku di awal aja ya. kalo udah nggak promo nggak ada lagi fasilitas handuk 😦

    Like

    1. Fasilitas handuk ama loker gratis cuma minggu pertama, berikutnya mbayar hahaha. Tiket masuk yang 90ribu boleh main sepuasnya wahana di sana. Mau sepuluh kali perosotan di tempat favoritmu lagi juga boleh 😀

      Like

    2. wah sip, mau ke sana sama gerombolan traveler selo jogja wkwk

      Liked by 1 person

  11. Kira2 semua wahana siap pakai kapan mas? *kangenprosotan

    Like

    1. Menurut info yang beredar sih Januari sudah dibuka wahana yang lainnya. Entah semua atau hanya beberapa saja hehehe. Amannya sih dua bulan lagi sambil nunggu update-an yang sudah ke sana lagi 😀

      Liked by 1 person

  12. Evi says:

    Dari pada merusak Taman Bunga, mending main ke Jogja Bay ya. Setidaknya anggota badan yg iseng bisa teredam karena takut pada petugas 🙂

    Liked by 1 person

    1. Hahaha kalau generasi xyz mau foto binyong dan mendadak punya rasa malu binyong di depan banyak orang, mereka bisa nyilem di kolam Jogja Bay. Bunga-bunga di kebun aman deh 😀

      Like

  13. Avant Garde says:

    sayang udah keluar duit gak bisa puas nyobain semua wahana ya mas …
    btw, apa bener di pandawa bisa bungee jumping? kalo bisa yuk kesana haha

    Like

    1. Itu masih wacana yang belum kesampaian hingga sekarang. Padahal udah berapa tahun Pandawa buka hahaha. Sepertinya masih belum lulus uji keamanan, jadi gedung bungee jumping dan kolamnya mangkrak 🙂

      Like

    2. Avant Garde says:

      hehehe… padahal deket banget sama rumah mbah di bacem 🙂
      udah lamaaaa gak ke solo
      jadi berasa berdosa

      Like

  14. Yusuf Ahmad says:

    btw mas, di Jogja sudah ada Gojek? ih waw

    Like

    1. Sudah ada donk, tiap lewat jalan strategis tengah kota Jogja pasti nampak abang-abang Gojek di sana 😀

      Like

  15. adi pradana says:

    Saya malah belum mampir main ke Jogja Bay, padahal deket sama rumah. Hiks…

    Like

    1. Nunggu wahananya buka semua baru mlipir ke sana aja, mas Adi. Biar lebih seru dan betah main air lama hehehe

      Like

  16. Goiq says:

    Kemaren pas ke Jogja mau main ke sini, tapi kata orang rame.. jadi urung. hahahahaha

    Like

    1. Rame puol, Ri. Pas ke sana di hari kedua setelah pembukaan aja makin siang makin mbludag. Antrean panjang perosotan udah bikin keder hahaha

      Like

  17. Gara says:

    Kalau wahananya sudah bisa dicobain semua, pasti akan seru banget ya Mas. Mudah-mudahan kalau saya ada kesempatan bertandang ke sana, semua wahana sudah siap dipakai. Aaak saya suka perosotan, asal kolam setelahnya tidak terlalu dalam (maklum, tidak bisa berenang :haha). Soal transportasi gampanglah, tidak serumit jalan ke candi-candi :hihi, jadi hajar bae!
    Iya nih, kita kan pengen juga melihat fotonya Mas Halim yang lagi main di water park! *kabur*.

    Like

    1. Ehmm fotoku yang lagi main di waterpark kalo dipasang di sini ntar bisa bikin heboh dunia persilatan. Banyak fans yang kesengsem bentuk perutku kan repot hahaha.

      Kolam di bawahnya perosotan dangkal, nggak nyampe satu meter kok. Asalkan pas jatuh jangan keburu panik lalu akting seperti orang akan tenggelam, malu ntar teman di sebelahmu hahaha. Iya transportasi menuju Jogja Bay bisa pakai GoJek kalau nggak nemu transportasi umum. Praktis kan? 🙂

      Liked by 1 person

    2. Gara says:

      Oke Mas, mudah-mudahan tidak ada drama ya kalau saya ke sana nanti :haha. No comment buat foto perutnya :haha *kabur*.

      Liked by 1 person

  18. Wah oom kosakatamu makin akih ae … binyooonnngggg … 😀

    Berarti kira2 nunggu 2 bulan lagi lah ya, siapa tau udah full operate semua ya oommm?

    Like

    1. Hahaha binyong itu kosa kata lawas kan? 😛
      Amannya nunggu updet wahana barunya dibuka dulu biar bisa main air sepuasnya. Kalau perlu sampe badan jadi hitam eksotis. 😀

      Like

  19. waaah..tambah seruuu dong yah kalau main ke Jogja..anak-anakku paling demeeen main air. This will be a great place for them 🙂

    Like

    1. Semoga pas berkunjung ke Jogja Bay ada beberapa wahana baru yang bisa dinikmati sekeluarga, mbak Indah. 🙂

      Like

  20. ridu says:

    Wah murah juga ya segitu dapet semua dan lengkap!

    Like

    1. Monggo mlipir ke Jogja Bay, mas Ridu 🙂

      Like

  21. Ban ne nyewa neh pora bos?apa satu paket karo tikete?

    Like

    1. Nggak pake sewa, tapi free buat ban-nya. Kan udah fasilitas Jogja Bay, gan 🙂

      Like

  22. hasik wisata air buatan.. baru tau tentang jogja bay. itu kalau di jakarta mungkin pantai indah kapuknya..

    Like

    1. Waterpark dengan jenis permainan yang sama. Sepertinya malah lebih lengkap dan modern Waterboom PIK kalau untuk saat ini 🙂

      Like

  23. Kaharudin says:

    Kaya nya seru baget ya. kapan2 ah main ke sana.

    Like

    1. Lebih seru lagi kalau wahana di Jogja Bay sudah lengkap. Biar puas bermainnya hehehe

      Like

  24. ariefsigli says:

    widih meriah banget… harus pakai hari strategis ngak pergi kesana mas? ada hari sepinya mungkin? 🙂

    Like

    1. Usahakan jangan weekend ( Jumat sampai Minggu ) biar nggak antre panjang di tiap wahananya. Datang pas hari kerja lebih nyaman 🙂

      Like

  25. kyoto says:

    bagus juga ini, cuman wahananya belum beroperasi semua, baca2 komentar yang kesana banyak yang kecewa pula….kayaknya emng mending nunggu kl seua wahana dah dibuka tuh….
    ijin copas gambarnya ya gan….

    Like

    1. Monggo, semoga gambar JogjaBay-nya bisa bermanfaat 🙂

      Like

  26. Hamid Anwar says:

    Sebagai penggemar perosotan, aku pengen mrono nek wes podo siap. Tapi faktor U kui koh 😀

    Like

    1. Perosotan e Jogja Bay lumayan safe buat yang sudah faktor U. Ada yang agak extreme tapi tetep selamet kok hahaha. Ayo ndang diparani ben ora kalah karo sing wes sepuh koyo aku 😀

      Like

  27. blog Mr Kredit says:

    Wah jogja water bay kereennn.. katanya yang terbesar di Indonesia ya?

    Like

  28. andro says:

    wah seru nih apa lagi naek yg perosotan muter2 tuh wkwkw

    Like

  29. Tepung Ikan says:

    Ngga heran kalo Jogja sekarang hampir udah kek Bali hehe

    Like

  30. tiyawann says:

    Sesok dolan dunu hehehe

    Like

    1. Monggo… mumpung nggak long weekend trus udah ada perosotan baru yang sudah dibuka loh 😀

      Like

    2. tiyawann says:

      Mantab..makin banyak tempat wisata nih di jogja tercinta

      Like

  31. momtraveler says:

    Wuih kebayang gendukku ga akan mau mentas kalo dibawa kesini. Seruuuu

    Like

    1. Terakhir ke sana sudah ada dua wahana baru yang dibuka. Bisa tambah kerasan main air deh kalo udah lengkap dibuka semua 🙂

      Like

  32. fajar widyastuti says:

    Jadi total berapa wahana ya yang sudah dibuka ? Terimakasih

    Like

    1. Sejauh ini sudah ada tujuh hingga delapan wahan yang sudah bisa dinaiki. 🙂

      Like

  33. Jadi beneran terluas ga sih?? 😀

    terakhir ke Jogja akhir Januari lalu belum sempet mampir ke Jogja Bay ini, padahal penasaran. harap maklum, penyuka waterboom sih, nyaris semua yg di Jakarta udah dicobain semua, hahaha

    Like

    1. Kalo dihitung dengan tempat parkirnya yang lumayan gedhe mungkin banyak yangpercaya dengan berita lebay itu, Chocky. Kunjungi sendiri ajah hihihi. Bagiku sih masih kerenan waterboom di Bali 😛

      Like

  34. wooclipmovie says:

    wah seru, ada kolom ombaknya ya

    Like

  35. Wooclip @Watch movie online says:

    ga tahan jadi pengen ikut nyebur

    Like

    1. Panas-panas gini enak nyebur dan main air di sana 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s