Tidur Nyenyak di Kota Batu

Jika liburan sekolah tiba, yang ada di benak pikiran hanya ingin refreshing dan bermain sepuasnya tanpa beban, membebaskan diri dari pekerjaan sejenak, menghindari pemberitaan politik yang masih panas, hingga melupakan kisah mantan yang sudahlah nggak usah dipikir lagi #eh #tjurtjol.

Siapa sih yang nggak kenal Kota Batu? Kota Batu yang terletak tak jauh dari kota Malang, Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu daerah yang berhasil bertransformasi dari dataran tinggi penghasil buah-buahan menjadi salah satu bentuk kota wisata yang terbilang paling sukses di Indonesia.

Pengunjung bisa menikmati arena permainan yang tersebar di kompleks Jatim Park dan Jatim Park 2, menikmati keindahan taman bunga di Taman Bermain Selekta atau mampir ke Museum Angkut yang baru-baru ini mencuri perhatian wisatawan yang hendak berkunjung ke Kota Batu.

Alun-Alun Kota Batu
Alun-Alun Kota Batu

Semuanya mampu memanjakan anak-anak maupun orang dewasa dari pagi hingga malam hari dengan aneka ragam permainan dan tentu saja pendidikan. Lupakan pelajaran njelimet seperti yang diajarkan di sekolah, theme park di Kota Batu justru membuktikan bahwa ilmu pengetahuan bisa bersanding mesra dengan kebun binatang dan beragam arena permainan tanpa membuat anak-anak bosan.

Sebagai kota wisata yang mumpuni, kota yang terkenal dengan hasil perkebunan buah apel ini juga memiliki beragam jenis penginapan mulai dari yang murah sampai sekelas resort. Semua itu disajikan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing sesuai dengan kebutuhan tamu. Kali ini saya akan berbagi sedikit review penginapan di Kota Batu.

Lets’s begin!

Tidak ingin jauh dari keramaian? Mencari penginapan yang dekat dengan tempat makan di sekitar kota? Mungkin bisa memilih Hotel Gradia yang punya letak tak jauh dari jalan besar serta cukup dekat berjalan menuju alun-alun Kota Batu. Hotel Gradia terbagi menjadi dua bangunan yang letaknya berseberangan. Hotel Gradia 1 masih menempati bangunan lama dengan keunggulan memiliki tipe kamar yang cukup besar dan sebuah vila yang mampu menampung maksimal 8 orang di dalamnya.

rooftop Hotel Gradia 2
rooftop Hotel Gradia 2

Lain halnya dengan Hotel Gradia 2 yang sudah berdiri dengan konsep lebih modern dan memiliki jumlah kamar yang lebih banyak. Pengunjung akan dimanjakan oleh view tatanan taman yang apik ala negara Amerika Tengah. Selain memiliki kolam renang yang terletak di halaman tengah bangunan, hotel ini juga mempunyai balkon di lantai tiga yang menyuguhkan pemandangan keren Kota Batu. Resapi matahari terbenam dari balkon sembari seruput kopi, niscaya kenangan mantan akan hilang seiring dengan hembusan angin dingin menjelang malam hari #ehh. 😀

Alamat Hotel Gradia : Jl. Ikhwan Hadi 47 Batu
Phone. (0341) 591812
Website : http://villa-gradia-batu.blogspot.com
Harga mulai dari Rp 360.000 rupiah/kamar untuk hari biasa.


Pohon Inn
Pohon Inn

Persis di sebelah theme park Jatim Park 2 yang berada di Jalan Oro-Oro Ombo terdapat sebuah penginapan dengan bentuk unik. Bangunan berbentuk mirip pohon raksasa itu bernama Pohon Inn. Pengunjung akan disambut oleh awetan binatang di meja resepsionis, awetan serupa yang bisa ditemui di Museum Satwa. Mengusung tema kebun binatang membuat penginapan ini menghias lobby, kamar dan restaurant dengan aksesoris ala hutan belantara.

Pohon Inn banyak diminati oleh pengunjung yang tidak membawa kendaraan pribadi dan memutuskan untuk mencari penginapan tak jauh dari area Batu Secret Zoo, Museum Satwa dan Eco Green Park. Jadi ada baiknya pesan terlebih dahulu saat akan menginap waktu akhir pekan atau libur nasional.

room
room

Ada tiga jenis kamar yang ditawarkan oleh Pohon Inn yaitu SuperiorDeluxe dan Executive yang memiliki balkon dengan view menghadap Bukit Panderman dan view Batu Secret Zoo. Semua kamar dilengkapi dengan fasilitas Air Conditioner, televisi LCD dan hot & cold shower. Sofa warna hijau muda, pigura bergambar hewan unyu seperti beruang, tupai, rusa dan lainnya semakin membuat suasana kamar terasa homy seolah saya sedang menjadi Tarzan yang tidur di rumah pohon abad ke-21 hehe.

Jungle Fastfood
Jungle Fastfood

Penginapan ini tidak memiliki fasilitas kolam renang, namun restaurant Jungle Land yang dikelilingi kaca tebal dengan pemandangan harimau menjadi salah satu keunggulan dari Pohon Inn. Kicauan burung nuri yang rumah barunya terletak di samping rumah harimau menjadi musik yang menyenangkan saat makan pagi. Restaurant ini juga memiliki bagian poros yang bisa berputar sehingga pengunjung tidak perlu berpindah tempat duduk demi mendapatkan view yang pas untuk mengamati gerak-gerik harimau.

Alamat Pohon Inn : Jl. Oro-Oro Ombo no. 9,
Phone : ( 0341 ) 596111
Website : http://pohoninnhotel.com/
Harga mulai dari Rp485.000/room untuk weekday.


Jika ingin menikmati suasana tenang yang jauh dari pusat keramaian, cobalah menginap di Kusuma Agrowisata Resort & Convention Hotel yang terletak di Jl. Abdul Gani Atas. Penginapan ini mengkhususkan pengunjung yang ingin menikmati pemandangan indah dari kaki Bukit Panderman. Letaknya yang berada di dataran lebih tinggi dari penginapan yang lain membuat udara di malam hari terasa dingin sekali.

Standard Room Kusuma Agrowisata
Standard Room Kusuma Agrowisata

Jauh dari pemukiman menciptakan suasana tenang dan pemandangan langit yang luar biasa banyak bintang saat langit cerah di malam hari. Belum lagi kemudahan pengunjung di pagi hari yang ingin meresapi keindahan area perkebunan yang terletak di sebelah penginapan.

Petik buah menjadi program dari Kusuma Agrowisata yang memberi kesempatan pengunjung untuk memetik buah apel, jeruk, jambu, sampai stroberi sesuai dengan musim dan ketentuan yang berlaku. Kegiatan yang sangat digemari oleh pengunjung terutama orang tua dan anak-anak yang terlihat gembira saat melangkah di antara jajaran pohon penuh buah segar.

Tersedia 103 standard room serta 49 cottages ditambah beberapa meeting room yang cukup besar menjadikan tempat ini rutin digunakan sebagai tempat seminar dan acara serupa. Sayangnya kamar tidak dilengkapi dengan bathtub seperti fasilitas sebuah resort pada umumnya, hanya bisa tertunduk lesu di bawah shower #akurapopo.

lapangan sepak bola Kusuma Agrowisata
lapangan sepak bola Kusuma Agrowisata

Kolam renang dan fitness center yang terletak di bagian belakang hotel menjadi fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung. Penginapan ini juga memiliki lapangan berumput hijau dengan latar belakang Gunung Butak yang katanya sering digunakan latihan pemain PERSEMA. Kapan ya Irfan Bachdim balik ke PERSEMA lagi? 😉

Alamat Kusuma Agrowisata : Jl. Abdul Gani Atas
Phone : ( 0341 ) 593333
Website : http://kusuma-agrowisata.com
Harga mulai dari Rp 800.000/ room untuk weekday.


Note : Mungkin ada pilihan lain yang dirasa lebih nyaman, harga sesuai kantong dengan fasilitas yang serupa. Semua kembali ke selera masing-masing. Review ini dibuat berdasarkan pengalaman saya saat menginap di tempat yang disebutkan di atas tanpa ada pesan manis dari sponsor. Terima apel. 😀

Advertisements

31 Comments Add yours

  1. mawi wijna says:

    Euh… musim libur sekolah… peak season… harga tiket masuk Jatim Park 1 dan 2 dan museum angkut naik… mending nunggu anak sekolah masuk baru jalan2… tapi nasib buruh nggak punya waktu libur… duh…

    Like

    1. Halim Santoso says:

      Buruh yang sudah berkeluarga pasti memanfaatkan momen ini, kapan lagi bisa jalan ama anak-anak kalo nggak pas musim liburan kan?
      Yang masih jomblo sih santai aja nunggu liburan usai. 😀

      Like

  2. johanesjonaz says:

    mahaaaaal… nunggu low season ajah kakak

    Like

    1. Halim Santoso says:

      Kalo low season mo ke sana ajakin daku ya… Haha awakku meh ketemuan karo koe ning Suroboyo ae urung kelakon ya, Jo 🙂

      Like

  3. Dipilih hotelnya dan dinikmati bersama pasangan. Yang halal tentunya.

    Nice info gan

    Like

    1. Halim Santoso says:

      Mari dipilihh hehe… Semoga reviewnya bisa kasih gambaran buat menginap di Batu 🙂

      Like

  4. Huaa, jadi kangen Batu ^^ dulu sering iseng main ke payung yang notabene puncaknya batu. kapan ya bisa main kesana lagi~~

    Like

    1. Halim Santoso says:

      Baru denger istilah payung… itu bukan gubuk-gubuk yang ada di kelokan menuju Pujon kan? Gubuk yang beralih fungsi menjelang malam hari #kode 😀

      Like

    2. huee, iyaa disitu~ tempat favorit nongkrong sama geng waktu masih kuliah dulu xixixi 😀

      Like

    3. Halim Santoso says:

      Wakakaka nggak nyangka suka nongkrong di situ! Lokasi yang harap-harap cemas setelah penggusuran Dolly hahaha

      Like

  5. Alid Abdul says:

    Batu klo dari Jombang mayan deket sih jadi bisa kesana kapanpun gapake nginep, jatim park 1 dan 2 uda lebih dari 10x wakakkaka… yg baru ini museum angkut 😀

    Like

    1. Halim Santoso says:

      Alid tinggal di Jombang? Biasanya cuma lewat aja, belum pernah telusur Jombang nih. Ada tebengan nggak kalo pas main ke sana? Hehe

      Like

    2. Alid Abdul says:

      *gelar karpet merah* *siapin es degan alpukat duren*

      Like

  6. yusmei says:

    Sebagai orang yang belum pernah ke malang, aku harus membaca postingan ini baik2 hahaha

    Like

    1. Halim Santoso says:

      Rumpute lapangan sepakbola di Kusuma Agrowisata luih ijo seger ktimbang stadion di Batu.
      Buat nambah koleksi foto lapangan sepakbola, mbak… hehe

      Like

    2. Rifqy Faiza Rahman says:

      Saya sudah lima tahun berdomisili di malang sebagai anak rantau loh mbak , ayo2 mampir 😀

      Like

    3. Halim Santoso says:

      Ayo mbak Yusmei ndang sambangi Malang… ada guidenya Rifqy nih 😀

      Like

    4. Rifqy Faiza Rahman says:

      Siap2 😀

      Like

  7. mau donk disponsorin ke sana kak… #gandengtanteh2

    Like

    1. Halim Santoso says:

      Kalo gandeng tante udah menstrem kak Danan, sesekali gandeng brondong donk #eh 😀

      Like

    2. Berondong beat dicamilin kalo tante utk diporotin nah om om nih untuk dipeloro……

      Like

  8. Postingnya keren keren mas, bisa buat referensi kl mau jalan jalan.

    Like

    1. Halim Santoso says:

      Semoga bermanfaat, kawan 😀

      Like

  9. Goiq says:

    waaahh info nya bermanfaat banget. thx masbro

    Like

    1. Halim Santoso says:

      Semoga bermanfaat dan memudahkan rencana saat liburan ke Batu 😉

      Like

  10. Rifqy Faiza Rahman says:

    Pengen komentar ah… suka banget sama komposisi foto bunga dengan background bianglala 🙂

    Like

    1. Halim Santoso says:

      Makasih bro… Beneran domisili di Malang? Asikk ntar kalo ke Malang lagi sempetin ketemuan ahh hehehe

      Like

    2. Rifqy Faiza Rahman says:

      Ya, ini tahun kelima jadi mahasiswa dan masih bergelut dengann skripsi hahaha 😀

      silakan2 kontak2 saja bang 🙂

      Like

  11. JavaSign says:

    Kota malang memang memiliki banyak tempat wisata.. wisatawan yg akan berlibur disana pasti ada juga yg kebingungan cari hotel murah di malang.. coba klik link berikut jika ada yg sedang mencari hotel di malang http://dparagon.com/hotel-murah-malang/

    Like

  12. irul says:

    ada yang pnya refernsi dibatu kah…..
    hotel n sewa mobil yang murah dimana ya…..

    Like

  13. amalia says:

    kalo saya pribadi, jika kalian mempunyai rencana liburan di batu bersama keluarga, tidak ada salahnya jika kalian mencoba menginap di salah satu villa di kota batu, jika anda berlibur bareng keluarga atau secara beramai ramai, sewa sebuah villa bisa jadi alternative yang lebih murah ketimbang hotel

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s