Cara Gampang Booking Tiket Online

Kenangan indah yang saya alami di Jayapura beberapa tahun yang lalu masih membekas di hati. Keindahan kota yang diapit oleh gunung dan pantai, danau Sentani yang luas dengan Pulau Asei sebagai desa wisata kerajinan kulit kayu, kemudian pasir lembut di beberapa pantai propinsi paling timur Indonesia sungguh menjadi pengalaman tak terlupakan.

Harlem Beach, Depapre, Jayapura
Harlem Beach, Depapre, Jayapura

Ada banyak pilihan pesawat menuju Jayapura atau kota lain di Papua maupun Papua Barat. Jika dulu saya memilih pesawat Garuda Indonesia di antara pesawat Merpati yang sekarang sudah tidak aktif lagi, Lion Air serta XpressAir, sekarang maskapai lain seperti Sriwijaya Air dan Batik Air sudah punya rute ke sana.

Banyaknya pilihan jadwal penerbangan membuat saya bingung saat cek satu-persatu website dari masing-masing maskapai. Bahkan sebelum airlines di Indonesia mempunyai website yahud, saya harus melipir ke travel agent terdekat untuk booking tiket.

Saya harus mencorat-coret selembar kertas untuk mencatat seluruh jam penerbangan Solo-Jakarta untuk kemudian disandingkan dengan jadwal dari Jakarta-Jayapura yang dijelaskan oleh pegawai travel agent. Setelah jatuh tempo waktu pembayaran, calon penumpang harus balik lagi ke kantor travel agent untuk melunasi pembayaran. Mumet

Sampai akhirnya saya dikenalkan oleh seorang teman situs booking online bernama Traveloka.com yang mempunyai desain simple dan punya proses booking yang mudah dijalani oleh calon penumpang seperti saya. Tersedianya kolom Promo Quick Finder memudahkan saya untuk memilih tanggal yang saya inginkan. Tentu saja saya mencari waktu yang cocok dan memiliki harga yang tidak terlalu tinggi. Situs ini memiliki kerjasama dengan semua airlines di Indonesia, jadi saat klik ke langkah berikutnya, saya menemukan banyak pilihan connecting flight yang bisa saya pilih sesuai keinginan tanpa bingung lagi buka website airlines satu-persatu.

Step : memilih jadwal penerbangan
Step : memilih jadwal penerbangan

Tersedia banyak pilihan jadwal yang bisa connect dengan waktu yang tidak terlalu mepet tanpa takut ditinggal pesawat terusan. Perhatikan keterangan “transit”, jika menemukan tulisan 3 transit berarti pesawat dari Solo-Jayapura akan transit sebanyak tiga kali.

Seperti contoh pilihan keempat, setelah Lion rute Solo-Jakarta berangkat pukul 17.40 tiba di Jakarta pukul 18.50. Garuda GA 652 akan berangkat dari Jakarta pukul 22.00 kemudian transit terlebih dahulu ke Denpasar barulah terbang lagi dan tiba di Jayapura pukul 08.40 keesokan harinya.

Tips penting : Jangan mencari jeda transit yang terlalu mepet ( kurang dari 2 jam), perhitungkan waktu untuk mengambil bagasi dari airlines yang berlainan. Perhitungkan juga ketentuan check in satu jam sebelumnya serta jarak tempuh dari terminal kedatangan menuju ke terminal keberangkatan.

Tidak ingin capek di perjalanan, saya memutuskan ambil pilihan ketiga, yaitu Lion pukul 17.40 connect Garuda GA 656 pukul 23.50 dari Jakarta yang direct flight ke Bandara Sentani, Jayapura.

Step 1 : mengisi data
Step 1 : mengisi data

Setelah selesai memilih jadwal yang cocok, langkah selanjutnya menuliskan nama sesuai kartu identitas, nomor telepon yang selalu aktif dan email supaya memudahkan pihak airlines memberitahukan info penting terkait dengan perubahan jadwal dan info mendesak lain.

Olala, saat saya meneruskan langkah selanjutnya muncul kolom kecil dengan tulisan “Harga tiket baru saja turun!”. Total awal 3.399.600 rupiah turun menjadi 2.899.519 rupiah. Siapa sih yang nggak seneng harga turun? Hehe.

Step 2 : review
Step 2 : review

Hal ini bisa terjadi saat ada suatu pembatalan tiket dari pihak lain atau pembatalan otomatis dari sistem terkait dengan time limit booking, sehingga harga lebih murah terbuka menggeser harga awal yang lebih mahal.

Tentu tidak setiap waktu booking tiket bisa mengalami kejadian seperti ini. Hal ini membuktikan bahwa Traveloka.com memiliki sistem yang terhubung langsung dengan sistem maskapai penerbangan dan tidak lambat respon. Lucky me! 🙂

Step 3 : pembayaran
Step 3 : pembayaran

Sampai di langkah pembayaran, ternyata situs ini mempunyai banyak pilihan pembayaran. Saya yang tidak punya kartu kredit sangat dimudahkan dengan pilihan ATM dan Klikpay yang tersedia. Dan bebas biaya transaksi… Iya bebas biaya transaksi!

Semisal saya booking lewat website airlines satu-persatu tentu saya harus membayar biaya administrasi per transaksi. Bahkan ada airlines yang memberlakukan biaya administrasi per rute per transaksi. Hal yang terkadang membuat harga tiket awal yang terlihat murah jadi nggak murah lagi kan?

on the plane
on the plane

Dengan kemudahan-kemudahan cara booking online seperti yang diberikan Traveloka.com, saya tidak perlu lagi bolak-balik ke kantor travel agent terdekat, mencorat-coret kertas penuh tulisan jadwal perjalanan. Informasi harga spesial yang diberikan setelah saya subscribe Newsletter dari situs juga membantu saya untuk update harga promo yang ditawarkan oleh maskapai.

Ahh booking tiket online itu memang gampang. 😀

Advertisements

34 Comments Add yours

  1. Moersalin says:

    ehem, yg dapat sponsored post 🙂

    Like

    1. Halim Santoso says:

      Judulnya kan review, kak… Jadi tulisan ini review pengalaman pribadi dunk 😉

      Like

    2. Moersalin says:

      hehe, iya deh. 🙂

      Like

  2. Nggak suka sama traveloka, karena mereka sms aku tentang aneka rupa hal. Dari mana coba dapat data nomor telpon guwe wong guwe gak pernah pakai dan ngga pernah otorisasi mereka untuk kirimi guwe sms. Sungguh di Indonesia data pribadi dianiaya.

    Like

    1. Halim Santoso says:

      Hapeku malah penuh sms iklan dari provider ternama >.<

      Like

    2. Yesi says:

      wah itu mah oknum lain. setau aku traveloka gak pernah SMS sih apalagi dari nomor henpon biasa, aku pernah liat pengumumannya di facebook traveloka. waspada waspada sms penipuan gitu. ati2 mas/mbak.

      Like

    3. Tan says:

      Saya pernah beli tiket pesawat di traveloka beberapa kali, selama itu sih saya pernah mendapat sms sebanyak 1x oleh pihak traveloka perihal perubahan jadwal penerbangan saya. Kemudian saya konfirmasikan dengan pihak maskapai terkait dan memang benar ada perubahan jadwal penerbangan sesuai dengan sms tersebut. Selain dari itu, pihak traveloka tidak pernah mengirimi saya sms. Saya rasa sih yang mengirimi sms itu bukan pihak traveloka, melainkan orang-orang yang berusaha melakukan penipuan dengan cara mengaku sebagai traveloka.
      Bila ada hal-hal yang dirasa aneh, sebaiknya konfirmasikan saja dengan pihak terkait supaya jelas. Hati-hati penipuan yang mengatasnamakan traveloka.

      Like

  3. Aku juga suka pake Traveloka. Sekali klik langsung dapet banyak pilihan. Terus karena dia adalah provider Indonesia, jadinya bisa bayar pake ATM. Mereka tahu kalo di sini belum banyak yg pake kartu kredit.

    Btw, ini tulisan berbayar ya? Hihihi 😀

    Like

    1. Halim Santoso says:

      Ini review pengalaman pribadi karena pernah booking lewat Traveloka juga. Jadi niatnya sharing sekalian kasih tips tentang booking online yang kadang banyak calon penumpang takut dengan bentuk penipuan 😉

      Like

  4. mawi wijna says:

    Terkadang AI search engine rute punyanya Traveloka “kurang pinter”. Masak dari Jogja mau ke Bali adanya yang transit ke Singapura dulu? Padahal kan ada penerbangan langsung dari Jogja ke Bali dan juga lokasi transit kan bisa ke Jakarta.

    Jadi, ya kita sendiri mesti jaga2 dengan tahu jadwal penerbangan tiap maskapai. Jangan cuma percaya “sarannya” Traveloka aja, hehehe.

    Like

    1. Halim Santoso says:

      😀

      Like

  5. mila kurnia says:

    sdh 1 bln kira2 traveloka.com susah login ?knp? apakah ganti?????

    Like

  6. asep edy rusmana says:

    Sy asep edy rusmana sdh transfer hari senin pembelian tiket pswat lion air dr makassar tujuan palu jadwal hari kamis,31-7-2014 pukul 10.30 wib namun sampai sekarang belum dapat kode booking

    Like

  7. Roy says:

    Sudah pernah booking tiket pesawat di Traveloka.. Paling murah dibanding travel agent lain.. Tapi sepertinya yang rute luar negeri harganya gak selalu paling murah..

    Like

  8. wisata bromo says:

    Traveloka pelayanannya saya kira cukup baik, sesuai rencanana saya yang sudah booking ke luar negeri berkali kali

    Like

  9. vina says:

    mas, setelah kita melakukan pembayaran, misal lewat transfer sms banking/atm, apa kita perlu melakukan konfirmasi ke traveloka dulu baru dapat e-ticket? atau tanpa konfirmasi, e-ticket bisa langsung dikirim? thank you

    Like

  10. Selain Traveloka, booking tiket pesawat online juga bisa dilakukan di website Qemana.com kakak, hasil pencarian langsung yang termurah, tak perlu harus login atau bikin akun segala. Tiketnya langsung terkirim otomatis secara realtime seketika pembayaran sudah masuk, tanpa konfirmasi2 segala.

    maaf jadi promosi hehehe

    Like

  11. Semakin mudah rencana liburan kita dengan booking online sudah bisa menentukan tempat tujuan yang kita inginkan

    Like

  12. Makasih ya jadi tau deh gimana booking di traveloka

    Like

  13. cintakamuaa says:

    okee…traveloka sudah sukses tuh

    Like

  14. Kereen bnget infonyaa.. terima kasih telah berbagi informasi yang menarik..

    Like

  15. emm kayak gitu tohhhhh

    Like

  16. karimunjawa says:

    makasih ya,,, jadi ngerticaranya booking

    Like

  17. mebel jepara says:

    ship saya mau liburan ,, tapi gak maubeli tiket yang gampang dimana,,, makasih,, infonya,,,

    Like

  18. damela says:

    Simisal udah dapat e tiket nya dari traveloka apa itu tiket yg sah buat check in di bandara

    Like

  19. Rizal says:

    belum pernah sih pake traveloka coba deh kapan kapan

    Like

  20. Hendra says:

    Saya juga pernah order di traveloka mungkin kurang lebih 3 kali klo g salah..
    dan alhamdulillah selama itu masih belum pernah mendapat masalah alias lancar..
    semoga aja terus lancar n jangan sampe kena masalah deh..heheh
    😀

    Like

  21. lucky says:

    numpang nanya, kalo pesan tiket airasia via traveloka, setelah mendapat kode booking apakah perlu checkin online sendiri ke web airasia nya atau langsung checkin dibandara??? takut kena charge dari airasianya kalo belum web checkin terlebih dahulu :p mohon pencerahannya. thx
    FYI saya pesan domestic flight

    Like

  22. Rizal says:

    Apa bener gan kalao booking lewat traveloka harganya bisa lebih miring ketimbang booking langsung ditempat?

    Like

  23. belum pernah pake traveloka, klo beli tiket online masih dari Ti**t.com tetangga sebelah

    Like

  24. Semoga hasil sharing perjalanan wisata disini memberikan manfaat bagi sesama wisatawan dan traveler.
    Salam wisata, Frengky Estilon.

    Like

  25. Pesan tiket pesawat di zaman sekarang ini semakin mudah, jadi gak ribet lagi apalagi ada aplikasi seperti traveloka.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s