Postcards from Sekaten Yogya

Letak berdekatan, pemimpin keratonnya masih satu garis keturunan (baca: kakak – beradik), namun perayaan Sekaten yang diselenggarakan di Kota Yogyakarta memiliki tradisi yang sedikit berbeda dengan perayaan Sekaten di Kota Surakarta. Masa sih? Apa sajakah itu?

Untuk mengenal lebih lanjut tentang tradisi Sekaten di Yogyakarta bisa mlipir ke >> Perayaan Sekaten di Yogyakarta

Tak perlu banyak bercerita, hanya bisa berbagi lewat gambar-gambar yang semoga bisa lebih berbicara 🙂

Sekaten malam hari
Sekaten malam hari
suasana pasar malam
suasana pasar malam
penjual Sate Gajih
penjual Sate Gajih
sepur-sepuran
sepur-sepuran
Nasi Gurih
Nasi Gurih
pelataran Masjid Agung Yogya
pelataran Masjid Agung Yogya
Kinang
Kinang
penjual pecut ( cambuk ) dan nasi gurih
penjual pecut ( cambuk ) dan nasi gurih
Gamelan Kyai Guntur Madu
Gamelan Kyai Guntur Madu
Ndog Abang - Telur Merah
Ndog Abang – Telur Merah
Advertisements

33 Comments Add yours

    1. Halim Santoso says:

      Belum pulang dari Fiji kah? 🙂

      Like

    2. Hai.. sudah di bangkok loh

      Like

    3. Sudah di bangkok loh

      Like

  1. eloratour says:

    Baca ini saya jadi ingat beberapa tahun lalu .. ha ha 😀

    Habis nonton Sekatenan mau pulang ke home-stay, tapi selalu balik ke Sekatenan. Hampir 2 jam nggak ketemu jalan, akhirnya ngaso minum wedang ronde dan tanya penjualnya.
    Ternyata jalan ke arah homestay (di Malioboro) dari situ lebar dan lurus 😀

    Like

    1. Halim Santoso says:

      Wahh pengalaman yang terdengar nggak biasa nih hehe…
      Mungkin ada maksud dari Yogya supaya mampir minum wedang ronde dulu biar merasakan suasana Yogya lebih dalam 😀

      Like

    2. eloratour says:

      Iya, nggak biasa banget … ha ha 😀
      Kalau kata teman, yang Mbaurekso Jogja ngajak kenalan …

      Tapi entahlah, yang jelas pengalaman yang sukses bikin gempor kedua kaki saya,
      2 jam jalan non stop lho … 😀

      Like

  2. buzzerbeezz says:

    Dulu pas ke sekaten juga ujan-ujan gerimis gitu Lim..

    Like

    1. Halim Santoso says:

      Kenapa Sekaten selalu jatuh pas musim penghujan ya? *tanya dalam hati* 🙂

      Like

    2. buzzerbeezz says:

      Pake kalender Jawa gak sih itu ngadainnya?

      Like

    3. Halim Santoso says:

      Hehe pake patokan kalender Jawa jatuh tiap 12 Mulud 🙂

      Like

  3. Nasi Gurih ini kayak nasi uduk? Kalau gak beli nanti dipecut sama abang-abang disebelahnya ya?

    Like

    1. Halim Santoso says:

      Serasa sama nasi uduk, tapi kalo boleh jujur masih enak Nasi Uduk apalagi Nasi Liwet #ups
      Nahh fungsi pecut bisa berubah fungsi tergantung yang pegang hahaha

      Like

  4. DianRuzz says:

    Lim, fotomu & para travelmates mana? 😆

    Like

    1. Halim Santoso says:

      Belum beredar…biar Azizah atau mbak Yusmei yg tulis tentang itu…aku malu mo cerita #halah 😀

      Like

  5. belum pernah liat sekaten..hiks..btw itu fotonya pake efek apa kak? kok kaya kurang warna gitu..

    Like

    1. Halim Santoso says:

      Sengaja diedit black n white nanggung kak Indra…. kalo pasang yg warna parno dicomot pihak tak bertanggung jawab hehe

      Like

  6. jadi inget cerita masa kecil Bapak tentang sekatenan….. mudik ke jogja ah

    Like

    1. Halim Santoso says:

      Jadi kak Danan ini besar di Lampung tapi asli orang tua dari Yogya? *bingung nan kepo* 😀

      Like

  7. I.S. Siregar says:

    favorit d sekaten adalah kora-kora dan es goreng… 😀

    Like

    1. Halim Santoso says:

      Haha meski sedikit menantang maut tapi Kora-Kora tetep jadi favorit banyak orang ya 😉

      Like

    2. I.S. Siregar says:

      hahaha… benar. kadang ga masuk logika juga, udah menantang maut, di suruh bayar lagi. 😀

      Like

  8. Avant Garde says:

    entar pengen ngajak anakku ke sekaten ah… naik bianglala

    Like

    1. Halim Santoso says:

      Wajib naik Bianglala dan Kora-kora kalo nonton Sekaten hehehe

      Like

  9. Kopiah Putih says:

    Pengambilan gambarnya manteb!
    Jogja?
    Belum pernah kesana, tapi mau kesana.. 🙂

    Like

    1. Halim Santoso says:

      Yup ini Sekaten Yogya, edisi Solo menyusul 😀

      Like

  10. Badai says:

    suka tone foto-nya!

    Like

    1. Halim Santoso says:

      Makasih kak Badai 🙂

      Like

  11. Tahun lalu padahal udah pengen ke Sekaten tahun ini, eh malah kelupaan (nggak ada uang sebenarnya).
    Tutup mata sambil ngelap iler.
    Itu sate gajih yang banyak dijual didaerah pasarrr…. (apa ya lupa) dekat malioboro sama taman pintar itu kan?

    Like

    1. Halim Santoso says:

      Pasar Beringharjo mungkin 🙂

      Like

  12. ah, pernah sekali ke Jogja pas sekaten 😀 jadi rame itu alun – alun, banyak jajanan pasar yang bisa dimakan. mau kesana lagi dong 😀

    Like

    1. Halim Santoso says:

      Yuk tahun depan nonton Sekaten bareng bro 😀

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s