Postcards from SIPA

SIPA atau Solo International Performing Arts merupakan salah satu event budaya tahunan di Kota Solo atau Surakarta yang sudah rutin diselenggarakan semenjak tahun 2009 silam.

Tahun demi tahun acara yang mengenalkan beragam seni pertunjukan dan musik dari seluruh penjuru Indonesia maupun manca negara ini semakin terlihat WOW.

opening ceremony SIPA 2010 - Sruti Respati
opening ceremony SIPA 2010 – Sruti Respati

Panggung megah dengan dekorasi unik menyesuaikan tema yang diusung, cahaya lampu panggung yang ditata secara profesional, serta para seniman yang datang jauh-jauh dari negeri seberang ikut meramaikan SIPA.

Tak banyak kata-kata, hanya hasil jepretan kamera pocket yang bisa menunjukkan kemegahan SIPA.

Enjoy the postcards….
________

SIPA 2010

Pertama kali melihat langsung penampil yang didatangkan dari belahan dunia mengundang decak kagum. Ragam budaya diperlihatkan dan dari yang nggak tahu jadi tahu. Yang paling berkesan adalah tarian dari Belanda dengan gayanya bergandengan tangan dan mengayunkan kakinya diiringi bunyi dari alat musik yang dimainkan secara akustik. Sedangkan wakil dari negara lain seperti Jepang tampil dengan tari kontemporer perpaduan budaya Jepang dan Jawa.


SIPA 2011

opening ceremony SIPA 2011
opening ceremony SIPA 2011

Gusti Paundra, putera mahkota Praja Mangkunegaran atau anak dari KGPAA Mangkunagara IX menjadi maskot di Solo International Performing Arts 2011. Beliau menunjukkan kebolehannya menari. Meski dirasa kurang merasuk karena tarian yang dibawakan kurang nJawani, lumayanlah sebagai priyayi masih mau melestarikan tari tradisional Jawa yang dewasa ini semakin menyusut karena kurangnya regenerasi. Seniman yang lain datang dari Bali, I Nyoman Sura yang sudah dianggap salah satu maestro tari Indonesia. Gerak-geriknya bikin kagum apalagi ditambah efek tak terduga seperti semburan api, sorot lampu laser yang membuat penonton semakin antusias dengan SIPA.

Dari Kalimantan ada Teater Sape yang memainkan musik khas Borneo. Iringan musiknya bikin saya berkhayal sedang berada di tengah hutan rimba mendengar dentingan alat petik ditemani daun yang bergoyang, gemericik air sungai. Sungguh musik yang seolah mengingatkan penonton akan alam yang merupakan sumber kehidupan bumi.


SIPA 2012

Performing Arts yang diadakan tahun 2012 menjadi salah satu favorit saya karena ada seniman yang bernama The Dream Engine asal negara Inggris. Balon yang diisi helium melayang di atas ratusan penonton yang sudah duduk manis di halaman Pamedan Mangkunegaran. Tak lama sorot lampu menghiasi balon udaranya lalu penarinya meliukkan tubuhnya dengan gerakan yang artistik banget! Sorotnya berganti warna seiring dengan moment. Sungguh masterpiece art!


SIPA 2009 hingga tahun 2012 diselenggarakan di Pamedan Pura Mangkunegaran selama tiga hari berturut-turut setiap tahunnya ( biasanya diselenggarakan hari Kamis – Sabtu mulai pukul 20.00 WIB ). Namun mulai tahun 2013 panitia SIPA memberi kejutan yang sangat special… SIPA diadakan di Benteng Vastenburg !!! Benteng yang tertutup untuk umum itu bisa dimasuki dengan bebas oleh penonton. Wow kan?

SIPA 2013 berlangsung mulai tanggal 20 – 23 September 2013 di Benteng Vastenburg.

SIPA 2014 berlangsung mulai tanggal 11 – 13 September 2014 di Benteng Vastenburg.

SIPA 2015 berlangsung mulai tangal 10-13 September 2015 di Benteng Vastenburg.

SIPA 2016 berlangsung mulai tanggal 8-10 September 2016 di Benteng Vastenburg.

So…. Don’t miss it !  😀

More info please check >> http://sipafestival.com/

Advertisements

7 Comments Add yours

  1. di Sumatra miskin acara2 kaya gini…

    Like

    1. Halim Santoso says:

      Lampung punya festival Krakatau kan bro? Pernah denger festival yang diadain sebelum hari raya Idul Fitri juga 🙂

      Like

  2. Kayaknya seru kl di benteng Vastenburg kakaakk … Beliin tiket pesawat PP donggg *wink2*

    Like

    1. Halim Santoso says:

      Ohh minta dibeliin tiket pesawat pp ya? Oke deh…tunggu tiket gretong dari kakak ya….
      *ngacir nyambi jadi tukang pijit* 😀 😀

      Like

    2. udah pijit2an aja dengan berondong demi tiket gratis…

      konon ada kualitas dari setiap pijitan…. kualitas

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s