*Puk-Puk* Pok Tunggal

Setelah puas trekking menyusuri air terjun di Selogiri dan berbasah ria di sana, pak driver menawari saya dan teman saya menuju ke pantai baru yang katanya terletak tidak jauh dari Wonogiri.

“Ada pantai baru di Wonogiri. Mau ke sana?”

“Nama pantai ne apa,pak?”

“Aku lali, mas…ndak jauh dari Wonogiri kok, tur isih resik…”

“Ya udah…Let’s go!”

Satu jam berlalu…

Dua jam berlalu… melewati perbatasan Jawa Tengah – Jawa Timur ( Pacitan ) …

Tiga jam berlalu… memasuki gerbang “Selamat Datang di Wisata Gunung Kidul”… #heninggggg

Setelah bertanya ke beberapa penduduk setempat dan sedikit nyasar karena pak driver lupa arah menuju pantai sekaligus lupa nama pantai “baru” di Wonogiri Gunung Kidul, akhirnya perjalanan selama tiga jam dari Wonogiri berakhir di pantai bernama Pok Tunggal !!!!

12.3.13
12.3.13

Pantai Pok Tunggal terletak di desa Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini lebih dekat bila ditempuh dari kota Wonosari menuju selatan ke arah pantai Siung yang mungkin hanya sekitar 1,5 jam saja. Dikarenakan rute yang dilewati mulai dari Wonogiri, harus melintasi pegunungan yang memisahkan Jawa Tengah – Jawa Timur – Yogya terlebih dahulu.

Setelah melewati jalan raya yang mulus, mobil tua teman saya dengan terpaksa sedikit sport jantung memasuki jalan kecil menuju pantai. Jalan masih belum beraspal, hanya diberi blok-blok berukuran 1×2 meter berjajar rapi terbuat dari semen di seperempat perjalanan, kemudian blok semen kehabisan stock dan disambut jalan berbatu kerikil tajam seperempat jalan lagi, begitu seterusnya.
Tanggal merah yang identik dengan “Hari AYO berwisata Indonesia!” mengakibatkan jalan yang selebar satu truk ini macet total akibat tabrakan arah dari yang mau masuk pantai dengan kendaraan yang mau keluar dari pantai. Tapi saya yakin dengan popularitas Pok Tunggal yang semakin cetar membahana di dunia maya membuat pemerintah Gunung Kidul sigap membangun jalan beraspal menuju pantai.

Welcome to Pok Tunggal…

pantai baru yang sudah bukan baru lagi!
pantai baru yang sudah bukan baru lagi!
pohon Duras dari kejauhan
pohon Duras dari kejauhan

Pantai Pok Tunggal identik dengan keberadaan sebuah pohon duras yang tumbuh di pinggir pantai. Pohon tersebut merupakan icon dari Pok Tunggal yang sudah dipenuhi payung warna-warni dan kios mungil terbuat dari tumpukan batu bata dan olesan semen sampai guesthouse ( baca : nyaris dikuasai oleh pihak pencari untung sepihak seperti di pantai Indrayanti ).

Pohon yang cuma satu pok ( akar/dasar pohon ) berdiri tegak di pinggir pantai sudah banyak dipanjati oleh anak muda yang belum paham arti wit pok tunggal bagi penduduk sekitar. Kalau pohon tersebut rubuh, bisa jadi penduduk setempat kalang kabut mencari nama pengganti pantai. *puk-puk Pok Tunggal* 😀

Lepas dari swadaya masyarakat setempat yang mulai memperbanyak warung makan dan kamar mandi umum, Pok Tunggal memiliki pasir putih bersih seperti pantai-pantai lain Gunung Kidul ( Pantai Kukup, Pantai Drini, Pantai Sundak, Pantai Sepanjang ).

Masih terlihat kealamian sementara Pok Tunggal dengan adanya terumbu karang mati yang tersebar tidak jauh dari pantai. Masih banyak terlihat ikan kecil warna-warni di lubang bekas terumbu karang yang beberapanya sering dijual di pasar ikan. Banyak pengunjung terlihat santai menikmati pemandangan pantai, merasakan semilir angin laut yang sejuk, sibuk memakai jaket dan penutup kepala di tengah teriknya sinar matahari sampai… menangkap ikan kecil dengan jaring! Tindakan yang sungguh-sungguh bertolak belakang dengan tindakan penduduk setempat yang hanya mengambil lumut di sela-sela karang untuk dijadikan lauk pauk mereka.

karang yang entahlah... :(
karang yang entahlah… 😦
seaweed
seaweed
landak laut
landak laut atau bulu babi??

Bencana alam memang tidak bisa dilawan oleh manusia…akan tetapi keindahan alam bisa dirusak dengan mudah oleh manusia…

#SaveOurNature

———–

Note : Salah satu foto di atas diikutsertakan di Turnamen Foto Perjalanan Ronde 17 : Ocean Creatures via @nnkq –> http://nnkq.wordpress.com/2013/03/18/turnamen-foto-perjalanan-ronde-17/

Advertisements

31 Comments Add yours

  1. nopan says:

    bagus… kayak pantai dreamland

    Like

    1. semoga nggak ikut bernasib tragis seperti Dreamland yang sudah membelah bukit di kanan-kirinya… 🙂

      Like

  2. rintadita says:

    ini deket pantai Indrayanti ya mas?

    Like

    1. satu deret dengan Siung dan Indrayanti… 🙂

      Like

  3. johanesjonaz says:

    beh.. rame tenan…

    Like

    1. rame puol di “Hari AYO berwisata Indonesia!” 😦

      Like

  4. iniblogane says:

    itu landak laut lho…

    Like

    1. betul ya itu landak laut? sempet ragu nulis “landak laut”
      hehe…makasih infonya 🙂

      Like

  5. ryan says:

    Wah.. keren nih…
    sepertinya wajib didatangi

    Like

  6. yang saya suka dari pantai2 ini ada bukit nggak jauh dari tepi pantainya

    Like

    1. betull…ada bukit yang sayangnya nggak aku naiki karena keterbatasan waktu… Next time mesti naik ke bukit itu 🙂

      Like

  7. maharanie says:

    bguzzzzzzzz

    Like

    1. Makacih mbak Nia 🙂

      Like

  8. kazwini13 says:

    deket sundak juga dong ya?

    Like

    1. Lain belokan… Pantai Pok Tunggal sejalur sama Siung dan Indriyanti

      Like

    2. kazwini13 says:

      ohhh.. pengen deh, berarti sering kelewat dong kl gt ya -_-

      Like

    3. pemda baru punya waktu nulis papan petunjuk menuju Siung aja, Kaz…hehe…
      Pantai ini udah populer, banyak penduduk setempat yg bisa bantu kasih arah jalannya 🙂

      Like

    4. kazwini13 says:

      ohohooo
      semoga besok di jogja bs mampir deh si pantai pok tunggal, hehee
      nanya warga emang jalan terakhir kl udah buta arah haha

      Like

  9. Kalo udah roboh namanya diganti jadi Pok-pok ame-ame…:-)

    Like

    1. …belalang kupu-kupu…siang makan naci kalo malem minum sucu #karoakean :p

      Like

  10. dansapar says:

    Foto yang di-caption “pohon Duras dari kejauhan” itu bagus
    bikin pgn ke sanaaaa
    XD

    Like

    1. Makasih mas Sapar… Pantainya masih bagus dan bersih (sekarang) 🙂

      Like

  11. Goiq says:

    bagus yah, masih bersih sejauh ini. mudah-mudahan walaupun nantinya bertambah ramai tapi tetap bersih kaya sekarang

    Like

  12. Foto pohone udah dcaption gt… bagus2

    Like

    1. hehe…tapi ambil dari jauh…nggak keliatan wujud dekatnya. Musti mbaleni buat sunset ke sana nih…

      Like

  13. Paradise that we hope to stay forever.

    Like

  14. annosmile says:

    kekecewaan bukan pantai wonogiri terobati karena pantainya bagus..hehe
    baru sekali kesana sih..cuma akses jalannya bikin mikir :p

    Like

    1. Terakhir ke Pok Tunggal jalane udah bagus. DIY kan nomer satu kalo urusan bikin jalan mulus ke obyek wisata alam populer 😀

      Like

    2. annosmile says:

      betul..yg populer xixixi

      Like

  15. Alan says:

    kelingan jaman dulu.. baru cuma ada satu warung… >__<

    Like

    1. Hahaha saiki Pok Tunggal wes bermunculan guesthouse di depan pantai dan banyak pilihan warung makan 😀

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s