Hitam Putih – Candi Plaosan

Mungkin masih banyak yang belum tahu bahwa Dukuh Plaosan yang terletak tidak jauh dari Candi Prambanan terdapat komplek candi megah yang dibangun sejak abad ke sembilan di masa Kerajaan Medang atau Kerajaan Mataran Kuno.

Sejarah pembangunan candi diawali dari pernikahan dua insan dengan dua agama yang berbeda, Raja Rakai Pikatan Mpu Manuku yang beragama Hindu Siwa menikah dengan seorang putri bernama Pramodawardhani yang beragama Buddha.

candi ini terletak di Jawa Tengah kawan...
candi cantik ini terletak di Jawa Tengah

Dengan latar belakang dua agama tersebut maka mereka mendirikan candi Buddha dengan arsitektur Hindu-Buddha bernama Candi Plaosan. Candi yang terletak di kecamatan Klaten, Jawa Tengah ini terdiri dari dua bagian yaitu Plaosan Lor dan Plaosan Kidul.

Berdasarkan prasasti yang ada, sejarah tentang sosok permaisuri Pramodawardhani masih terasa kabur, banyak yang menyebutkan bahwa dia adalah anak dari Maharaja Samaratungga ( pendiri Candi Borobudur ), namun ada juga cerita rakyat yang menyebutkan bahwa dia sebenarnya adalah ibu dari Samaratungga.

welcome to Plaosan
welcome to Plaosan

Lepas dari sejarah singkat di atas, komplek Candi Plaosan memiliki beberapa bangunan inti dan halaman yang luas yang dikelilingi oleh dinding dengan pintu di sebelah barat. Beberapa tahun silam tidak ada biaya retribusi resmi untuk memasuki kawasan Candi Plaosan, pengunjung hanya menulis buku tamu dan membayar sukarela kepada petugas yang berada di pos keamanan saja.

terletak di Dukuh Plaosan, Klaten, Jawa Tengah
terletak di Dukuh Plaosan, Klaten, Jawa Tengah
Candi Plaosan yang menawan
Candi Plaosan yang menawan
Candi Plaosan dibangun oleh Rakai Pikatan untuk permaisurinya yang bernama Pramudyawardani
Candi Plaosan dibangun oleh Rakai Pikatan untuk permaisurinya Pramodawardhani
Megahnya Candi Plaosan
Megahnya Candi Plaosan

Banyak terdapat patung Buddha yang masih terlihat utuh dan terawat, kedua candi induk yang terletak di sisi utara dan selatan komplek Candi Plaosan Lor memiliki enam buah patung Dhyani Boddhisatwa dengan pose yang berbeda satu sama lain.

suasana di ruang altar candi
suasana di ruang altar candi
tingkatan candi Plaosan Lor
tingkatan candi Plaosan Lor
salah satu altar di Candi Plaosan Lor
salah satu altar di Candi Plaosan Lor
Candi Plaosan memiliki 116 stupa perwara dan 50 candi perwara
Candi Plaosan memiliki 116 stupa perwara dan 50 candi perwara
relief yang masih terjaga di Plaosan
relief yang masih terjaga di Plaosan

Dengan adanya bangunan megah seperti ini masihkah Anda belum percaya bahwa Indonesia memang Atlantis yang hilang? 😉

Terdapat dua candi Plaosan yaitu Lor dan Kidul
Terdapat dua candi Plaosan yaitu Lor dan Kidul
Candi Plaosan
Candi Plaosan

Note : Terkadang manusia lupa bahwa CINTA diciptakan agar sesama manusia bisa saling melengkapi, saling menyayangi, dan ingat… CINTA tidak diciptakan oleh agama… Tapi CINTA diciptakan lewat hati…
Happy Valentine 2013. 😉

Advertisements

19 Comments Add yours

    1. Thank you kawan… Wajib mampir saat singgah di Prambanan 🙂

      Like

    2. johanesjonaz says:

      aminnnn kalo kesana lagi 😛

      Like

  1. vira says:

    cieee… halimsan!
    ehem!
    btw gua baru ngeh nih sama candi yg ini 😛
    thanks for the info!

    Like

    1. Beberapa orang cuma terkesima dengan Candi Prambanan dan Candi Plaosan diabaikan…so inilah keindahan Candi Plaosan 🙂

      *seduh kopi* buat kak Vira yang sudah mau mampir di blog ini 😀

      Like

  2. Eh, ini sebelah mananya Prambanan ya kawan ?? saya kesana nggak mampir kesini kayaknya 🙂

    Like

    1. Posisinya masih di di jalan yang sama dengan Candi Sewu, kurang lebih berjarak 1,5 km dari Candi Prambanan. 🙂

      Like

  3. nice BW bos! like it. candi Plaosan ini adalah favorit kami untuk lokasi pemotretan pre wedding. mari mampir di foto-foto prewed kami di candi ini di sini: http://prewedding.poetrafoto.com (y)

    Like

    1. hendra says:

      Saya pgn foto prewed sm poetafoto mas.kalo foto di candi plaosan kena tarif brp dari petugas candi mas.

      Like

    2. Halim Santoso says:

      Nggak ada peraturan khusus untuk membayar sejumlah uang jika ingin melakukan foto prewed. Masuk, bayar tiket dan isi buku tamu seperti layaknya pengunjung biasa saja

      Like

  4. Baru tau ada candi ini ;o)))
    Fotonya cakep 😉

    Like

    1. Fotonya biasa kok…yg bagus tempatnya aja hehe…
      Kalo ke Solo atau Yogya bisa lho mlipir ke sini. Gak jauh 🙂

      Like

    2. Deketan Jogja ya? Dulu udah ke Prambanan, mau ke Boko aja ndak sempet ;o)))
      Jd kyknya next trip haha!

      Like

    3. Next trip dibikin plan khusus keliling candi-candi biar puas hehe… Prambanan – Sewu – Plaosan – Ratu Boko – Barong – Ijo – Banyunibo – Kalasan – Sari – Sambisari trus Yogya deh… 😀

      Like

    4. Wuih banyak jg ya candinya!
      Bakal candi-to-candi nieh nanti haha!

      Thanks ya! 🙂

      Like

  5. Duh si halim, quote nya yg dibawah itu ga kuat deh.
    Nah, aku nih yang mau ke jogja (lagi), tripnya diguide sama halim lagi kan ya hehe

    Like

    1. Eh iyaa nyambung ama kisah cinta masa lalu kamu yah…
      Hahaha bukan maksuku lo Bob… Tapi ada baiknya sih meresapi langsung di Candi Plaosan >.<

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s