Kebun Binatang Rahasia katanya…

Apabila sudah puas menyaksikan beragam hewan tidak hidup yang sudah diawetkan di Museum Satwa, bisa melipir di kebun binatang sebelah yang masih satu bagian dari Jatim Park 2. Kebun binatang yang terletak persis di sebelah Museum Satwa memiliki ratusan koleksi satwa beneran ( baca : masih hidup ) yang didatangkan dari berbagai negara.

Tahukah Anda?
Tahukah Anda?

Istimewanya apa? Menurut saya, ini merupakan kebun binatang paling keren se-Indonesia. Pengunjung bisa melihat aneka satwa di ‘rumah’ baru mereka mulai dari beragam primata seperti Lemur ( King Julien-nya film Madagascar ) sampai primata yang punya nama latin susah diingat oleh kepala, primata tersebut didatangkan dari beberapa negara di Afrika, Amerika dan negara lain. Koleksi primata di kebun binatang ini lebih lengkap dibanding Schmutzer Ragunan yang hanya memiliki keunggulan primata Gorilla di rumah konservasinya.

tikus air katanya...
tikus air katanya…
Flamingo asli Kuba
Flamingo asli Kuba
sejenis tupai yang 'unyu'
sejenis tupai yang ‘unyu’

Pencinta satwa bisa melihat lebih dekat koleksi reptil cobra, piton, dan ular yang punya warna dan bentuk beragam, salamander ( tokek ), iguana, kemudian ada juga aquarium yang mempunyai ratusan koleksi ikan kecil yang sering dilihat di pasar ikan sampai yang WOW seperti ikan piranha dan hiu. Masuk lebih dalam lagi pengunjung akan bertemu dengan koleksi burung seperti Burung Onta, Kasuari dari Papua, Flamingo dari Kuba, atau mau bertemu Hedwig-nya Harry Potter juga ada lhoh.

Pengunjung tidak hanya melonggo menyaksikan satwa yang dilewati saja melainkan juga belajar mengenal nama, asal, ciri-ciri satwa dari papan petunjuk yang ditempel di setiap rumah baru mereka.

Jalan setapak berikutnya membawa pengunjung menuju ‘rumah’ Panter, Puma, Cheetah, yang diletakkan di tengah halaman dengan kerangkeng besi yang sudah pasti aman untuk dilihat dari dekat. Capek berjalan di tengah terik matahari, pengunjung bisa berteduh dan duduk sejenak di bangku yang telah tersedia di sepanjang koridor dimana sisi kanan-kirinya terdapat dinding kaca seperti aquarium dan jreng-jreng… Disambut oleh gambar sosok Nixau tersebar dimana-mana yang sudah tidak asing bagi penggemar film komedi The God Must Be Crazy.
Welcome to Savannah! Anoa, Banteng, Unta, Rusa, Kijang, Lamma, Bison, Zebra, Gajah dan Gloria-nya film Madagascar menjadi teman perjalanan selama melintas koridor “Afrika” yang lumayan panjang dan teduh ini. Selamat datang di “Afrika”!

Batu Secret Zoo
petunjuk arah

Masih belum puas? Bisa mencoba mengarungi sungai buatan dengan kapal di wahana River Adventure, pengunjung bisa menyaksikan lebih dekat rumah orang utan dan puluhan jenis primata asli Indonesia, serta ratusan macam unggas dari berbagai negara yang berenang di sekitar wahana Kapal Nabi Nuh. Ada juga wahana Fantasy Land yang mempunyai arena permainan jungkat-jungkit, roller coaster mini, kolam renang untuk anak-anak sampai remaja. Setiap tahun theme park ini selalu menambah beberapa wahana baru, seperti Animal Coaster, Jelajah 5 Benua yang baru saja beroperasi akhir tahun lalu.

Untuk mempererat hubungan kekeluargaan dengan satwa, pengunjung bisa melipir ke Safari Farm yang mengharuskan pengunjung berinteraksi dengan binatang memamah biak dari atas kereta berjalan. Memberi makan berupa wortel, ketimun, kacang panjang menjadi kesan tersendiri saat Unta, kawanan Rusa tiba-tiba nyosor mengambil sayuran dari tangan pengunjung. Asyik kan?

suasana di Safari Farm
suasana di Safari Farm
Masih nyosor minta makan...
Masih nyosor minta makan…
seandainya kaca ini pecah... #prey
jangan sampe kaca ini pecah… #prey

Eitt…Belum selesai… Menuju pintu keluar, satwa yang dipamerkan malah semakin menarik perhatian dengan adanya rumah Jerapah, Hyena, Beruang Hitam, Beruang Madu, dan tentu saja Tiger Land. Tiger Land memiliki koleksi satwa menggaum yang patut diacungi jempol, tidak hanya harimau dari Benggala seperti Richard Parker saja yang ada disini, masih ada harimau putih dari India, singa Afrika, harimau Sumatra, harimau Serbia yang berwarna lebih terang dan garang. Kurang keren apa lagi kebun binatang ini, kawan?

Tiket masuk 55.000 untuk weekday ( 65.000 weekend dan hari libur ) nggak terasa rugi setelah menyaksikan secara langsung satwa di kebun binatang, bermain sepuasnya di semua wahana tanpa membayar tiket lagi. Percayalah! Kebun binatang “rahasia” ini satu-satunya kebun binatang yang punya satwa terlengkap dan mengedukasi banget di Indonesia!

Mau tahu nama beken kebun binatang keren ini?

Sstt…jangan bilang siapa-siapa ya…. Namanya adalah Batu Secret Zoo.

Advertisements

14 Comments Add yours

  1. aritunsa says:

    wah bisa ngajak anak ke sana nih, tapi nunggu punya anak dulu hehe.. kayaknya seru dan menarik.. 😀

    Like

  2. buzzerbeezz says:

    Seharusnya semua kebun binatang di Indonesia seperti ini! Terakhir kali ke kebun binatang ke Ragunan. Dan melihat binatang-binatang di sana jadi suka sedih. Wajah mereka melas banget.

    Like

    1. Padahal bagi para satwa “kebun binatang” itu adalah “rumah baru” mereka dimana mereka bakal menghabiskan sisa hidup di sana. Semoga konsep Jatim Park 2 bisa ditiru beberapa kebun binatang di seluruh Indonesia 😀

      Like

  3. azzuralhi says:

    Di Poto tahukah anda, cuma tau gajah, ular,burung hantu, dan harimau.. :mrgreen:

    Wah sepemikiran sama mas yg diatas. Kebun binatang Ragunan kurang terawat.. 😦

    Like

    1. Ragunan cuma menarik di Gorilla nya yang memang berjumlah banyak di Schmutzer 🙂

      Like

  4. novi tarigan says:

    ah ha… nama zoo y unik.. 🙂

    Like

  5. mereka melihara semut gak ya..haha

    Like

    1. Ada…. Semut di kebun sebelah, kawan…
      Bisa liat sarang semut…sarang lipan…sarang kalajengking di Eco Green Park… 😀

      Like

  6. Bani Bacan says:

    Wah, nice journal ! Saya pernah ke batu secret zoo juga, lumayan lah, ga mengecewakan. Destinasi selanjutnya yang pengen dikunjungi di malang ya eco green park.
    Keep bloging 😀

    Like

    1. Terima kasih banyak udah mampir di sini kawan… 🙂

      Like

    1. Halim Santoso says:

      Menarik untuk dikunjungi, jadi jangan lupa singgah saat berlibur ke Batu 🙂

      Like

  7. aritunsa says:

    tikus mah banyak di rumahku, hehe… bisa nyelem juga kan kayak tikus air haha

    Like

    1. Halim Santoso says:

      Ngeri kalo tikus rumahnya segede tikus air, cemilan di lemari makanan bisa habis tuh 😀 😀

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s