Kek Lok Si Temple – PENANG

Kek Lok Si yang terletak di kawasan Air Itam menjadi tujuan city tur kami berikutnya. Kek Lok Si atau Temple of Supreme Bliss terletak di dataran tinggi yang membuatnya dikelilingi oleh bukit hijau, sehingga dari tempat mobil kami parkir sudah terlihat keindahan kuil ini. Tidak hanya bukit hijau saja yang membuatnya terlihat indah, tapi juga pohon-pohon rindang yang tersebar di halaman membuat suasana terasa sejuk di tengah teriknya matahari.

pemandangan kota dilihat dari Kek Lok Si
pemandangan kota dilihat dari Kek Lok Si

Memasuki gedung pertama sudah mulai terlihat dekorasi khas klenteng pada umumnya yang didominasi warna merah dan kuning menyala. Berjalan masuk lagi kami menemukan bangunan yang digunakan untuk bersembahyang para Dewa, berjalan lagi masuk kedalam kami akhirnya menemukan tangga menuju ke pagoda. Untuk menuju pagoda kami harus menaiki semacam lift yang akan mengangkut kami menuju lantai atas. Lift berbentuk kotak yang masing-masing sisinya diberi lapisan kaca tersebut membawa kami menuju bangunan yang lebih dekat dengan pagoda.

pemandangan dari atas kereta
pemandangan dari atas kereta

Kuil Kek Lok Si dibangun sejak tahun 1890, diikuti pembangunan Pagoda di tahun 1930. Kuil ini memiliki lebih dari satu bangunan yang digunakan untuk memuja para Dewa. Dari beragam bentuk bangunan kuil di sekitar Kek Lok Si hanya Pagoda of Ten Thousands Buddhas lah yang menonjol, bahkan di setiap gambar kartu pos yang dijual di toko souvenir maupun di majalah jalan-jalan selalu terlihat sosok pagoda. Beberapa orang salah mengerti bahwa pagoda yang memiliki 10.000 patung Buddha di setiap lantainya itu Kek Lok Si, padahal sosok Kek Lok Si sendiri hanya kuil besar dan tua dengan pondasi kayu yang masih kokoh dan terletak di tengah-tengah komplek.

jalur lift menaiki lantai atas Kek Lok Si
jalur lift menaiki lantai atas Kek Lok Si
make a wish please…
make a wish please…
lampion
lampion
narsisi time
narsisi time

Saat kami kembali ke tempat parkir mobil terlihat pilar-pilar yang menjulang tinggi mengelilingi sebuah patung yang besar. Pilar-pilar tersebut seakan melindungi patung Dewi Kwan Im setinggi kurang lebih 30 meter yang terbuat dari perunggu. Patung tersebut selesai dibangun tahun 2002 dan membuat area ini terlihat semakin megah. Pemandangan dari tempat parkir sudah bisa melukiskan bagaimana damainya kehidupan di pulau ini. Langit yang bersih bebas polusi, udara yang sejuk di atas bukit, pohon hijau rindang di sepanjang jalan, wisata kuliner yang nyummy, gimana nggak bikin jatuh cinta? Yang jelas perjalanan ke Penang tahun lalu ( 2011 ) membuat saya semakin menggagumi Pulau Pinang.

Pagoda of Ten Thousands Buddhas
Pagoda of Ten Thousands Buddhas
Bronze Kwan Yim statue
Bronze Kwan Yim statue

Artikel terkait :
Wisata Malam LEBUH CHULIA
Old Town Georgetown
Klenteng Cantik di PENANG

Advertisements

2 Comments Add yours

  1. pas ke temple ini aku lg hamil.. jd ga diksh naik ke atas krn guidenya takut aku kecapean… jdnya aku cuma duduk di bagian depan temple… tp pas ke bagian patung dewi kwan in aku diajak lagi krn ksananya naik mobil…

    baru kali ini aku ke temple dan ga ngerasa bosan… 🙂

    Like

    1. Saya juga nggak bosan keliling temple di Penang, malah next trip ke Penang mau khusus berburu temple/ klenteng di gang-gang nyempil lane atau lebuh 😀

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s