Nongkrong Sik-Asik Jayapura

Banyak penduduk kota Jayapura yang hanya memulai aktifitas nya di malam hari, jadi jangan heran kalau siang hari jalanan terlihat lenggang, tapi di malam hari jalanan tiba-tiba macet. Siang hari yang panas membuat penduduk jarang keluar rumah, (mungkin)yang di rumah pada tidur siang kipas anginan atau nge-AC, dan yang masih kerja kantoran pada ngadem di kantor ber-AC, hehe. Sore hari sepulang jam kerja, biasanya pusat tempat perbelanjaan mulai dipenuhi orang, mulai dari yang beli kebutuhan sehari-hari, sampai yang hanya nongkrong buat ngadem.

Hiburan malam di Jayapura gimana ya? Setahu saya mereka malah cenderung hobby nongkrong di pusat perbelanjaan, setelah itu pulang di rumah masing-masing atau mungkin di rumah pacar masing-masing. Itu versi anak baik-baik. Kalau yang liar sedikit rasa-rasanya cuma ada karaoke plus-plus yang malah dipenuhi pendatang ketimbang penduduk setempat. Ketimbang bicara hiburan malam, yuk lihat mall… #pengalihanpembicaraan.

boom boom car PTC
boom boom car PTC

Sayang sekali, tidak ada mall disini tiga tahun yang lalu ( 2009 ). Jadi yang gila mall harap menahan hasrat nge-mall nya dulu. Tempat terbesar buat nongkrong hanyalah berupa pusat perbelanjaan yang sebagian dikreasi dengan tambahan food court, salah satunya bernama PTC ( Papua Trade Center ).
PTC merupakan kawasan ‘mall’ sederhana bagi Jayapura yang terletak dekat dengan Entrop (nama daerah baru di Jayapura) dimana terdapat foodcourt dan arena taman bermain. Foodcourt nya lumayan lengkap jenis makanannya, selera lidah orang Jawa seperti ayam goreng, nasi goreng, bakso Solo ada, atau lidah Sulawesi seperti bubur Manado pun juga ada. Harga makanan tergantung jenisnya, mulai dari 10ribu sampai dengan termahal untuk jenis ikan bakar. Untuk arena bermain yang letaknya di sebelah foodcourt persis, pengunjung harus membayar tiket masuk ( tiket terusan harganya 50ribu untuk 7 macam permainan ) yang jenis permainannya ndak jelek-jelek amat, lumayanlah bikin anak-anak senang seperti bom-bom car, kereta kelinci, dan lain-lain.

foodcourt di PTC
foodcourt di PTC
bocah dan "sepur kelinci"
bocah dan “sepur kelinci”
Kole-Kole
Kole-Kole

Untuk tempat olahraga, ada tempat berenang unik namanya Tirta Mandala. Kolam renang ini adalah kolam renang air asin. Dikarenakan kolam Tirta Mandala ini terletak menghadap langsung ke laut, maka kolam renang disini terisi air laut. Lebih sehat berenang air laut ketimbang berenang di kolam renang berkaporit, buktinya jerawat wajah saya hilang berkat berenang rutin disana, plus kulit jadi kencang gara-gara kandungan mineral air laut yang diserap kulit. Harga tiket masuk untuk sekali berenang adalah 20ribu rupiah. Selain untuk berenang, tempat ini juga menyediakan kursus menyelam atau diving dengan tempat latihan awal di kolam renang, kemudian dilanjutkan diving di pinggir laut samping Tirta Mandala untuk kelas lanjut. Di samping kolam renang juga terdapat hotel yang sering dipakai untuk pemain sepakbola yang sedang atau akan bertanding. Kebayang kan kalau tiba-tiba habis berenang ketemu pemain sepakbola beken. Yang seru lagi, di kolam renang ini tidak hanya manusia saja yang berenang, tapi ikan-ikan laut pun ikut berenang bareng. Kalau lagi ketemu ikan yang galak ya ‘senggol gigit’, tapi kalau ketemu clown fish ya cuma bisa mengkhayal film Finding Nemo.

kolam renang Tirta Mandala, tempat nongkrong personil PERSIPURA
kolam renang Tirta Mandala, tempat nongkrong personil PERSIPURA
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s